Peningkatan Hasil Belajar Menerapkan Pengetikan (Keyboarding) Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas X OTKP 2 SMK Negeri 1 Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.5590Abstract
ABSTRAK : Pemahaman Konsep merupakan istilah lain dari prestasi yaitu penguasan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai test atau angka nilai yang diberikan guru. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran Teknologi Perkantoran khususnya pada kompetensi dasar Menerapkan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan ketepatan 99% sangat rendah, yakni hanya 18 siswa dari 35 siswa yang dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 55,71. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan strategi Peer Lessons. Apabila guru menerapkan model pembelajaran Peer Lessons diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa terampil dalam Menerapkan Pengetikan 10 Jari Kecepatan 200 EPM dan Ketepatan 99%.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Menerapkan Pengetikan (keyboarding) 10 Jari Kecepatan 200 EPM dan Ketepatan 99 % melalui Peer Lessons pada Siswa Kelas X OTKP 2 SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Peranan Strategi Peer Lessons dalam meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran Teknologi Perkantoran materi ajar Menerapkan Pengetikan (keyboarding) 10 Jari Kecepatan 200 EPM dan Ketepatan 99 % ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I 72,14; siklus II 75,57; dan siklus III 80,29. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan presentse ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 65,715, Siklus II meningkat menjadi 80,00%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%
References
BNSP. 2007. Model Penilaian Kelas. Jakarta : Dirjen Dikdasmen Depdiknas
Buasim, B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Satuan Jarak Dan Kecepatan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas V SDN Kedungboto Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 4(1), 42-50. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/274
Buntoro, P. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Yang Bercorak Naratif, Deskriptif, Ekspositiris Dan Argumentatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas XI Mipa 8 SMA Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 3(2), 82-89. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/99
Ghony, Djunaidi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : UIN Malang Press.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Heriani, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Mengapresiasi Sastra Prosa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Magetan. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 5(2), 15-22. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/114
Katoto, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Mengenai Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas V SDN 2 Tugurejokecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 8(3), 55-62. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/1040
Lestari, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Isi Puisi Bahasa Jawa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Kecamatan Mlarak. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 3(2), 71-77. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/193
LISTYANINGSIH, L. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Perjuangan Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SDN Kluwih I Kecamatan Tulakan. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 1(3), 71-76. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/159
Miskun, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menghargai Jasa Dan Peranan Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Modeling The Way Siswa Kelas V SDN Karangmojo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 1(2), 58-65. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/662
Mustopa, K. (2021). Peningkatan Keterampilan Dasar Permainan Kasti Pada Mata Pelajaran PJOK Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas V A SDN 1 Brotonegaran Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 2(1), 87-95. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPV/article/view/733
Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajarr Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Parmin, P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas IV SDN 2 Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 1(2), 75-81. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/43
Rakhmasanti, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Lisan Dan Tulis Untuk Menyatakan Dan Menanyakan Tentang Keharusan Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas XII AKL 1 SMK. Jurnal Edukasi New Normal (JENN), 2(1), 67-75. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JENN/article/view/1165
Silberman, Nelvin. 1996. Active Learning. Boston : Trustco.
Suparman, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menyampaikan Pengalaman Pribadi Di Masa Lampau Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngrayun. Jurnal Merdeka Mengajar (JMM), 3(2), 34-41. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/1305
Supriadi, S. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SDN CRABAK KECAMATAN SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 87-104. doi:http://dx.doi.org/10.25273/widyabastra.v4i1.1675
Supriyatini, S. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA, DAN PROPINSI DENGAN SMaRT LEARNING. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 1 - 15. doi:http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.1
Trianto. 2006. Model Pemebelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta : Prestasi Pustaka
trijanawaty, ririn, & lasiyono, untung. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PELUANG USAHA MELAUI PEMBELAJARAN CERTAINLY OF RESPONSE INDEX (CRI) DAPAT PADA SISWA KELAS XI OTR 3 SMK NEGERI 1 SINGOSARI. Majalah Ekonomi, 22(2), 206–229. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1010
Uno, Hamzah. 2006. Strategi Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Walidah, Z. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN KONDISI LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS III SLB-C PERTIWI PONOROGO. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 50-70. doi:http://dx.doi.org/10.25273/widyabastra.v4i1.1672
Yustiani, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Makna Dan Langkah Retorika Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Modeling The Way Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 5(2), 83-90. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/123
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


