Pelaksanaan Evaluasi Bahasa Indonesia : Studi Kasus di SMAN 1 Kalisat Jember
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.5105Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penilaian formatif yang dibuat guru Bahasa Indonesia di SMAN 1 Kalisat Jember dan mendeskripsikan kendala guru Bahasa Indonesia di SMAN Kalisat Jember dalam pembuatan penilaian formatif. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran berupa penilaian formatif yang dibuat guru Bahasa Indonesia di SMAN 1 Kalisat Jember : (1) telah memenuhi validitas isi (2) telah memenuhi kriteria tes pilihan ganda yang baik; (3) materi soal menggunakan pilihan jawaban homogen dan logis, mempunyai satu jawaban yang benar, dan pokok soal dirumuskan secara jelas dan logis; (4) dua dari tujuh kriteria tidak dipenuhi pada konstruksi soal; (5) telah menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia; (7) teknik penskoran tanpa menerapkan sistem denda dengan mempertimbangkan bobot skor tiap soal. Kendala guru dalam pembuatan penilaian formatif meliputi (1) kurangnya pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) keterbatasan alokasi waktu evaluasi, (3) keberagaman siswa dan keterbatasan waktu memetakan satu demi satu kebutuhan siwa, (4)  jarang menindaklanjuti hasil evaluasi.Bahasa
References
Andriani, W. (2022). Reaktualisasi Kurikulum pada Abad Ke-21. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 10 (1), 72-77.
Angelo, T.A. & Cross, K.P. (1993). Classroom Assessment Techniques: A Handbook for
College Teachers. (2nded.) San Fransisco: Jossey-Bass Publisher.
Ariyana. (2019). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 55 – 63. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba 55-63
Boyaci, Z., Sahin, Z., Hasirci, H.M.E., & Killic, A. (2017). Student CenteredEducation Scale : A Validity and Reliability Study. European Journal of Educational Research, 6 (1), 93 – 103.
Brown, H. D. (2008). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language
Pedagogy (Terjemahan). San Fransisco: San Fransisco State University.
Hall, K. & Burke, W.M. (2004). Making Formative Assessment Work. Glasgow: Open
University Press.
Herman, H., Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Analisis Instrumen Tes Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 88-101. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.65
Kaaffah, R. R. S., Wijiyono, A. W., & Rahmayanti, I. (2021). Validitas Isi Pada Alat Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 158-167. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i2.6572
Muhson, A., Lestari, B., Supriyanto., & Baroroh, K. (2017). The Development of Partical Item Analysis Program for Indonesian Teacher. Internasional Journal of Instruction, 10 (2), 199 – 210.
Nuruningsih, S. & Palupi, R.E.A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 9 (1), 51 – 57.
Prameswari, A.F. & Pradani, R.A. (2021). Analisis Soal Ulangan Harian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma N 1 Jetis Bantul. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10 (1), 79 – 84.
Prihadi, B., Retnowati, T.H., & Wulandari, D. (2021). Kualitas Instrumen Penilaian Hasil Belajar Sumatif Seni Rupa di SMP Kabupaten Sleman. Imaji : Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 19 (2), 110 – 119.
Pusmenjar Kemendikbud (2019). Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke – 2 Untuk Sekolah Dasar.
Retnawati, H, Hadi, S., Nugraha, C., & Ariadie. (2016). Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction, 9 (1), 1694 – 1609.
Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Jurnal Tasyri’, 27 (1), 1 – 12.
Sukenti, D., Tambak,.S., & Charlina. (2020). Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the personal competence and Islamic Psychoso. International Journal of Evaluation and Research in Education (THERE), 9 (4), 1079 -- 1087 ISSN: 2252-8822, DOI:10.11591/there.v9i4.20677
Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. UNG Press Gorontalo.
So, K. & Kang, J. (2014). Curriculum Reform in Korea: Issues And Challenges For Twenty-First-Century Learning. The Asia-Pacific Education Researcher, 23(4), 795-803.
Unesco. (2014). Education systems in ASEAN+6 countries: a comparative analysis selected educational issues. Paris: the United Nations Educational, Scient and Cultural Organization. Vocational High School Teachers’ Difficulties in Implementing the
Wibowo, A. Safii, I., & Ibrahim, N. (2021). Keragaman Alat Evaluasi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Ditinjau dari Aspek HOTS. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), 21-26.
Widyaningsih, N. W. N. (2013) Analisis Tes Sumatif Buatan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2012/ 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undhiksa, 1 (8), 1 – 14.
Zainuddin. (2022). Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SDN 002 Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 10 (1), 65-71.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.
 
							

_001.jpg)



