Penerapan Student T-Test Untuk Menilai Efektivitas Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Desentralisasi Fiskal di Jurusan Administrasi Publik Unesa

Galih Wahyu Pradana* -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Muhammad Farid Ma'ruf -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Deby Febriyan Eprilianto -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v10i2.5096

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar Desentralisasi Fiskal sebagai alternatif bahan ajar untuk dosen dan mahasiswa Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Pengembangan buku ajar dilakukan dengan menggunakan rancangan pengembangan media pembelajaran Borg dan Gall, akan tetapi desain pengembangan buku teks ini tidak mengambil semua tahapan pada model pengembangan dari Borg dan Gall dikarenakan keterbatasan dan efisiensi waktu bagi penulis. Dalam melakukan design uji coba terdapat tahapan-tahapan pengujian, yaitu draft buku ajar di review oleh ahli bidang studi di luar tim penyusun buku ajar, uji coba satu persatu yang dilakukan oleh penyusun buku ajar dengan satu atau dua mahasiswa secara individual. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan analisis kuantitatif melalui   uji t (independent-sample t test). Secara garis besar, hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar matakuliah Desentralisasi Fiskal sudah memenuhi kelayakan dari segi substansi maupun kebahasaan, hanya perlu dilakukan perbaikan dalam penulisan atau redaksional serta perlu penambahan index dan glosarium. Berdasarkan hasil uji t (independent-sample t test) diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,034 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar mahasiswa pada kelas A dengan kelas B yang menandakan bahkan buku ajar memberikan pengaruh yang efektif.

Abstract

This study aims to produce Fiscal Decentralization textbooks as alternative teaching materials for lecturers and students of the State Administration Science Study Program, Faculty of Social Sciences and Law, State University of Surabaya. The Borg and Gall learning media creation model was used to create textbooks, although the design did not include all of the steps of the Borg and Gall development model owing to time constraints for the author. In carrying out the trial design there are stages of testing, namely the draft of the textbook is reviewed by experts in the field of study outside the textbook drafting team, one by one trial is carried out by the textbook compiler with one or two students individually. The data in this study were collected using quantitative analysis and t-test (independent-sample t-test). Broadly speaking, the results of the study indicate that the textbook for Fiscal Decentralization courses has met the feasibility in terms of substance and language, it only needs to be improved in writing or editorial and it is necessary to add an index and a glossary. Based on the results of the t test (independent-sample t test) it is known that the value of Sig. (2-tailed) of 0.034 <0.05, so as the basis for decision making in the independent sample t test, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is a significant (significant) difference between the average student learning outcomes in class A and class B, which indicates that even textbooks have an effective influence.

Keywords
Buku Ajar, Desentralisasi Fiskal, Uji t
  1. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2013. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. (Online), (http://puskurbuk.net/web13/penilaianbtp2013.html),
  2. Borg, W. 1970a. The Minicourse Instructional Model. Makalah disajikan pada the Annual Meeting of American Educational Research Association, Minneapolis, Maret 1970. Dalam Eric database, (Online), (http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED037388.pdf),
  3. Danim, Sudarwan. 2014. Visi baru Manajemen Sekolah. Bumi Aksara Yogyakarta.
  4. Feng, Y., Huang, Y., & Ma, X. (2017). The application of Student’s t -test in internal quality control of clinical laboratory. Frontiers in Laboratory Medicine, 1(3), 125–128. https://doi.org/10.1016/j.flm.2017.09.002
  5. Hasibuan, 1985, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Kusmini, Santosa, B., Budiastuti, P., Tentama, F., & Sofyan, E. (2021). Development of Work-Based Skills Competence Test Model For Vocational High School Student on Internship Program |. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/2486/1750
  7. Molenda, M. In search of the ellusive ADDIE model. Performance Improvement, 42 (5), 34-36. Submitted for publication in A. Kovalchick & K. Dawson, Ed’s, Educational Technologi: An Encyclopedia. Copyright by ABC- Clio, Santa Barbara, CA, 2003.
  8. Nasirudin, S. 2011. Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Nasional Pendidikan
  10. Riduwan & Sunarto. Pengantar Statistika Pendidikan, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis, (Bandung: Alfabeta), hal. 125.
  11. Riyanto, Yatim. 2016. Metodologi Penelitian. Surabaya: Penerbit SIC.
  12. Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  13. Sumardi. 2000. Panduan Penelitian, Pemilihan, Penggunaan, dan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD sebagai Sarana Pengembangan Kepribadian, Penalaran, Kreativitas, dan Keterampilan Berkomunikasi Anak. Grasindo: Jakarta.
  14. Tilaar. HR. 2012. Kebijakan Pendidikan. Pustaka Pelajar Yogyakarta
  15. Wibowo. Agus, 2013. Akuntabilitas Pendidikan. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-04-06
Published: 2022-07-19
Section: Artikel
Article Statistics: