Mitigasi Bencana Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini

Romadona Desy Suciati -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ardhana Januar Mahardhani* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Dian Kristiana -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v10i2.4811

Abstrak

Indonesia termasuk salah satu Negara yang memiliki potensi bencana tanah longsor paling sering di beberapa daerahnya yang mengakibatkan banyak kerugian dan korban jiwa, namun hal ini tidak cukup menyadarkan pengetahuan masyarakat di Indonesia tentang pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu cara untuk mengurangi resiko bencana ialah dengan melakukan mitigasi bencana. Pelaksanaan program mitigasi bencana dapat dilakukan melalui sebuah pendidikan formal atau informal, salah satunya pada pendidikan anak usia dini dengan melakukan kegiatan menanam agar dapat menumbuhkan karakter peduli ligkungan. Seorang anak yang mempunyai karaker peduli terhadap lingkungan akan berdampak positif bagi kelangsungan hidup pada lingkungan di sekitarnya.

 

 

Abstract

Indonesia is one of the countries that has the most frequent potential for landslides in several areas which result in a lot of losses and casualties, but this is not enough to raise awareness of the people in Indonesia about the importance of protecting the environment. One way to reduce disaster risk is to carry out disaster mitigation. The implementation of disaster mitigation programs can be carried out through a formal or informal education, one of which is in early childhood education by carrying out planting activities in order to grow the character of caring for the environment. A child who has the character of caring for the environment will have a positive impact on the survival of the surrounding environment.

 
Keywords
Disaster miigation, environmental care character, early childhood.
  1. Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf
  2. Dewi, R. S., & Anggarasari, N. hudha. (2020). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.438
  3. Jayawardana, H. (2016). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini sebagai Upaya Mitigasi Bencana Ekologis. Symbion (Symposium on Biology Education), 5726, 49–64. http://symbion.pbio.uad.ac.id/prosiding/prosiding/ID_276_Hepta_Revisi_Hal 49-64.pdf
  4. Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 4(1), 1–8.
  5. Nasional, R. A. (2015). Longsor Sebagai Media.
  6. Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44.
  7. Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
  8. Studi Sarjana Desain Produk, P., Seni Rupa dan Desain, F., & Kunci, K. (n.d.). Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain DESAIN SARANA BERKEBUN DAN BERMAIN UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK Muninggar Herdianing Dr. Achmad Syarief, MSD. 1, 1–10.
  9. Suhardjo, D. (2015). Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana Dalam Mengurangi Resiko Bencana. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 174–188. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4226
  10. Yaniawati, P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan. Penelitian Kepustakaan (Liberary Research), April, 15.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-01-18
Published: 2022-07-05
Section: Artikel
Article Statistics: