Keefektifan Media Film Bisu Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa MA Al-Ahliyah

Natasya Herdis* -  Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Setiawan Edi Wibowo -  Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Slamet Triyadi -  Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v10i2.4551

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini berlandaskan pada rendahnya keterampilan menulis cerpen pada peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mencari ide atau gagasan dan berimajinasi dalam menulis cerita pendek. Berdasarkan hal tersebut upaya yang diberikan yaitu pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan media film bisu. Upaya tersebut dapat merangsang peserta didik untuk mempertajam daya pikir dan mengasah imajinasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan media film bisu dalam kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI MAAl-Ahliyah Bakan Maja. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalen control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAAl-Ahliyah Bakan Maja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling kuota dengan memilih dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 (kelas kontrol) dan XI IIS 2 (kelas eksperimen). Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen meningkat. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 47,81 dan posttest sebesar 74,91. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 48,72. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media film bisu nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 77,41. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis cerpen peserta didik dengan menggunakan media film bisu pada kelas eksperimen  dengan kelas yang tidak diberi perlakuan yaitu kelas kontrol.

 

Abstract

The purpose of this study is based on the low skills of writing poetry in students. Students have difficulty in finding ideas or ideas and imagining in writing short stories. Based on this, the effort given is learning to write short stories using silent film media. These efforts can make students sharpen their thinking power and hone their imagination. The purpose of the study was to determine the use of silent film media in the ability to write short stories in class XI MAAl-Ahliyah Bakan Maja students. The research method used is a quasi-experimental form of non-equivalent control group design. The population in this study were students of class XI at MAAl-Ahliyah Bakan Maja. Sampling was done using quota sampling technique by selecting two classes, namely class XI IIS 1 (control class) and XI IIS 2 (experimental class). Based on the results, it can be obtained with keywords that the ability of students in writing increases. The average value of the control class posttest was 47.81 and the posttest was 74.91. In the experimental class the mean value of the pretest was 48.72. After being given treatment using silent film media, the average score of students increased to 77.41. It can be said that there is a significant difference between students' writing skills using silent film media in the experimental class and the untreated class, namely the control class.

Keywords
Short Story Writing, Silent Fim
  1. Ambarwati, Esti. 2012. Keefektifan Media Film Bisu dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama. Tersedia: https://eprints.uny.ac.id/44180/1/Esti%2520Ambarwati_07201241017.pdf (diakses tanggal 10 Oktober 2019)
  2. Aji, Bayu Seno. 2011. Keefektifan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Tersedia: https://www.eprints.uny.ac.id/1198/1/Bayu_Seno_Aji.pdf (diakses tanggal 19 September 2019)
  3. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
  4. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  5. Gultom, M Joharis Lubis. 2017. Pengaruh Media Silent Film terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Tersedia: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/10817 (diakses tanggal 14 Oktober 2020)
  6. Hamata, Wayan Rasna, Ni Made Rai Wisudariani. 2014. Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X2 di SMA Negeri 1 Tampaksiring. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/3290/2718 (diakses tanggal 14 Oktober 2019).
  7. Rachman, Rizki Nurpiana. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penggunaan Media Audiovisual Tayangan Televisi “Cermin Kehidupan Trans 7”. Tersedia https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article.download/127/117 (diakses tanggal 14 Oktober 2020)
  8. Windi, Carissa Caka. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Demontrasi Sunyi Dengan Memanfaatkan Lirik Lagu pada Siswa Kelas XII S1 SMA Negeri 1 Depok. Tersedia: https://eprints.uny.ac.id/23247/1/Carissa%20Caka%Windi%2008201244031.pdf (diakses tanggal 13 November 2019)

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-12-22
Published: 2022-08-03
Section: Artikel
Article Statistics: