Studi Komparasi Teknik Kolase Berbahan Biji-Bijian dan Teknik Kolase Berbahan Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Swasta YPIS Maju Binjai

Authors

  • Fauza Azzahrah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4456

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil melukis siswa menggunakan teknik tempel kolase berbahan kertas dibanding teknik tempel kolase berbahan biji-bijian. Objek lukisan yang ditempel menggunakan kertas dan biji-bijian adalah objek pisang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta YPIS Maju Binjai dengan jumlah sampel 20 siswa dan sampel yang diambil adalah seluruh populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (single group initial test-end test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan positif yang signifikan antara hasil seni lukis siswa menggunakan teknik tempel kolase berbasis kertas dibandingkan dengan teknik tempel kolase berbasis biji-bijian pada siswa kelas X SMA Swasta YPIS Maju Binjai, terbukti dengan thitung = 5,78 dan ttabel untuk derajat kebebasan = (n₠+ n₂)-2= 38 pada taraf signifikansi (α) = 0,05 adalah ttabel = 2,024 ternyata thitung > ttabel (5,78 > 2,024). Perbedaan besar antara teknik paper kolase paste dan teknik grain paste adalah 14,8, sehingga dapat diperoleh selisihnya yaitu = (Posttest – Pretest) / Pretest x 100% = 14,8/66,4 x 100% = 22,3% atau setara dengan 22 %.

References

Dasmariani, Evi. (2020). Buku Ajar Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini. Padang: Pustaka Galeri Mandiri.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud.
Pamardhi, H., & Sukardi, E. (2018). Seni Keterampilan Anak. Banten: CV. Gerina Prima.
Sugito, dkk. (2020). Statistik Pendidikan Seni Rupa. Medan: Unimed Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syakir Muharrar, Sri Verayanti. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Husamah, dkk. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Afandi, dkk. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.
Isti'adah, Feida N. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rosyid, Zaiful. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Wiratno, Tri A. (2018). Seni Lukis, Konsep Dan Metode. Surabaya: Jakad Publishing.
Permana, Dede. (2020). Buku Tematik Terpadu Keberagaman Makhuk Hidup Di Lingkunganku. Bandung: Media Sains Indonesia.
Syakir Muharrar, Sri Verayanti. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederha na. Jakarta: Erlangga.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Amka. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Banjarmasin: Nizamia Learning Center.
Habibati S. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Karwono. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud.
Makki, Ismail. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Jl. Masjid Nurul Falah Lekoh Barat Kadur Pamekasan: Duta Media Publishing.

Additional Files

Published

2022-01-31