Studi Komparasi Teknik Kolase Berbahan Biji-Bijian dan Teknik Kolase Berbahan Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Swasta YPIS Maju Binjai
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4456Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil melukis siswa menggunakan teknik tempel kolase berbahan kertas dibanding teknik tempel kolase berbahan biji-bijian. Objek lukisan yang ditempel menggunakan kertas dan biji-bijian adalah objek pisang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta YPIS Maju Binjai dengan jumlah sampel 20 siswa dan sampel yang diambil adalah seluruh populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (single group initial test-end test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan positif yang signifikan antara hasil seni lukis siswa menggunakan teknik tempel kolase berbasis kertas dibandingkan dengan teknik tempel kolase berbasis biji-bijian pada siswa kelas X SMA Swasta YPIS Maju Binjai, terbukti dengan thitung = 5,78 dan ttabel untuk derajat kebebasan = (n₠+ n₂)-2= 38 pada taraf signifikansi (α) = 0,05 adalah ttabel = 2,024 ternyata thitung > ttabel (5,78 > 2,024). Perbedaan besar antara teknik paper kolase paste dan teknik grain paste adalah 14,8, sehingga dapat diperoleh selisihnya yaitu = (Posttest – Pretest) / Pretest x 100% = 14,8/66,4 x 100% = 22,3% atau setara dengan 22 %.
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud.
Pamardhi, H., & Sukardi, E. (2018). Seni Keterampilan Anak. Banten: CV. Gerina Prima.
Sugito, dkk. (2020). Statistik Pendidikan Seni Rupa. Medan: Unimed Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syakir Muharrar, Sri Verayanti. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Husamah, dkk. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Afandi, dkk. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.
Isti'adah, Feida N. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rosyid, Zaiful. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Wiratno, Tri A. (2018). Seni Lukis, Konsep Dan Metode. Surabaya: Jakad Publishing.
Permana, Dede. (2020). Buku Tematik Terpadu Keberagaman Makhuk Hidup Di Lingkunganku. Bandung: Media Sains Indonesia.
Syakir Muharrar, Sri Verayanti. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederha na. Jakarta: Erlangga.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Amka. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Banjarmasin: Nizamia Learning Center.
Habibati S. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Karwono. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud.
Makki, Ismail. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Jl. Masjid Nurul Falah Lekoh Barat Kadur Pamekasan: Duta Media Publishing.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.