Strategi Digital Marketing dan Peningkatan Branding Bagi UMKM Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng

Luthfi Zamakhsyari* -  Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
Alfato Yusnar Kharismasyah -  Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
Ilham Nuryana Fatchan -  Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v3i2.7858

Pemanfaatan teknologi informasi telah merambah ke bidang pemasaran digital bagi
para pelaku bisnis. Salah satu alat pemasaran digital adalah media sosial. Media sosial dapat
membantu pelaku usaha dalam mempromosikan dan menjual produk, salah satunya UMKM.
Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM khususnya di desa Melung kecamatan
Kedungbanteng adalah pemasarannya masih door to door, dititipkan ke warung dan promosi
dari mulut ke mulut. Hal ini menyebabkan wilayah pemasaran dan cakupan penjualan produk
menjadi kecil. Sehingga perkembangan usaha para pelaku UMKM tidak berkembang pesat.
Hal ini berdampak pada pendapatan yang tidak bertambah, jumlah produk yang terjual tidak
bertambah dan cakupan wilayah pemasaran tidak luas. Dengan adanya kegiatan pelatihan
bagi para pelaku UMKM di desa Melung, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan media
sosial sebagai alat pemasaran digital sehingga wilayah promosi menjadi lebih luas dan
membantu dalam menjual produk serta memberikan dan mengajarkan pentingnya branding
bagi usaha yang mereka miliki.
Keywords
Pemanfaatan teknologi informasi telah merambah ke bidang pemasaran digital bagi para pelaku bisnis. Salah satu alat pemasaran digital adalah media sosial. Media sosial dapat membantu pelaku usaha dalam mempromosikan dan menjual produk, salah satunya UMKM.
  1. Achmad, Nur. 2015. Kewirausahaan: Suatu Alternatif Lain Menuju Kesuksesan, BPK FEB UMS, Surakarta.
  2. Achmad, Nur., Saputro, Edy Purwo dan Handayani, Sih. 2016. Kewirausahaan di Era Digital.
  3. Direktorat Penelitian Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti, Jakarta.
  4. Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, BPFE, Yogyakarta.
  5. Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2, Indeks, Jakarta. Swastha,
  6. Madiun Madcoms, 2013. Sukses Jualan Online Lewat Blogger, Andi, Yogyakarta.
  7. M.Nisrina, 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang., KOBIS Yogyakarta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-09-14
Published: 2023-10-04
Section: Articles
Article Statistics: