Penerapan Tanaman Hidroponik Untuk Membangun Kemampuan Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Didesa Karangpatihan

M. Thoha Ainun Najib -  Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Poppy Ardianti Rugmana* -  Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Prika Wahyu Sabella -  Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Rifa Nur Kholila Q.F. -  Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v3i2.7825

Program Sosialisasi dan Pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas masyarakat khususnya kelompok tani dalam bercocok tanam dengan menggunakan lahan yang tidak terlalu luas. Salah satu dari tujuan yang paling utama dalam kegiatan yaitu dapat meningkatkan kesadaran yang mampu dan ketahanan pangan masyarakat melalui penanaman sayuran hydroponik dengan memanfaatakan daur ulang limbah botol plastik untuk  wadah media penanaman. Sistem hidroponik tersebut berbasis ramah lingkungan. KPM ini dilakukan dengan metode (ABCD) Asset Based Community Development dengan menggunakan asset untuk mengembangkan potensi sebagai kekuatan yang dimiliki komunitas. Dalam kegiatan penanaman sayuran hidroponik ini melibatkan kelompok tani serta masyarakat umum dari 4 RT/RW Dusun Krajan, Desa Karangpatihan. Kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan  dan pengarahan kepada kelompok tani melalui pelatihan pembuatan sistem hidroponik sederhana dengan menggunakan botol plastik sebagai media tanam, yang dapat menghasilkan sayuran hidroponik dengan kualitas yang baik. Setelah pelatihan berlangsung diharapkan masyarakat dapat mengolah limbah menjadi bahan daur ulang agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Selain itu juga membantu mengurangi permasalahan ekonomi.

Keywords
Hidroponik,Ketahanan Pangan,Sosialisasi dan Pelatihan
  1. April, No, ‘Bercocok Tanam Dengan Sistem Hidroponik Berbasis Ramah Lingkungan Melalui Pemanfaatan Sampah Botol Plastik’, 4.1 (2020)
  2. Artikel, Informasi, ‘Membangun Lingkungan Hidup Melalui Tanaman Hidroponik Di SMP Eppata 2 Batu Aji’, 3.2 (2023)
  3. Ermayanti, Dian, ‘Pembuatan instalasi hidroponik warga desart 04 nginden baru v a & b nginden jangkungan kec . Sukolilo kota surabaya’, 2021
  4. Karimah, Yeyen Muzayanatul, Kurniawati Mulyanti, Husnul Khatimah, and Helmi Makarim, ‘Pengembangan Budidaya Tanaman Hidroponik Dari Limbah Plastik Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga’, 02.01 (2023)
  5. Khotimah, Khusnul, Nur Khafidhoh, Miftachul Chusnah, Rizqi Ramadhan, and Rifda Amaliyah, ‘Penerapan Sistem Budidaya Tanaman Sayuran Pada Lahan Pekarangan Dengan Teknik Hidroponik Dan Vertikultur Di Desa Sumberagung Megaluh Jombang’, 4.1 (2023)
  6. Nizar, Rini, and Seprita Lidar, ‘Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Media’, 22 (2022)
  7. Nugroho, Fandi, and Muhammad Iqbal Arrosyad, ‘Impelementasi Pelatihan Hidroponik Untuk Peningkatan Kemampuan Pendidikan Karakter Di Desa Jelutung’, 1 (2020)
  8. Perdana, Ayu Lestari, ‘Penerapan Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique ( Nft ) Di Sman 16 Gowa’, 3.2 (2022)
  9. Sosialisasi, Program, Pengembangan Tanaman, D I Desa, Kampung Kusamba, Guna Meningkatkan, Ketahanan Pangan, and others, ‘Abdimas Galuh’, 5 (2023)
  10. Zeki, M, and Heri Irawan, ‘Mitra Diantaranya Pengetahuan Mitra Untuk Memanfaatkan Tanah Dihadapi Oleh Mitra Maka Kegiatan Ini Bertujuan Untuk Memberikan Kelompok Yang Merupakan Bentukan Dari Desa Sungai Leueng Kecamatan Menghasilkan Sayuran Yang Berkualitas Walaupun Minim Lahan .’, 6.6 (2022)

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-09-08
Published: 2023-10-04
Section: Articles
Article Statistics: