Pelatihan Branding dan Packaging Produk UMKM di Desa Ganggeng Kabupaten Purworejo

Isnaeni Maryam* -  Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Susi Widjajani -  Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v3i1.6757

Permasalahan yang sering terjadi bagi pelaku UMKM di desa adalah produk kurang bisa bersaing di pasar dan juga terbatasnya lingkup pemasaran hanya pada lingkungan sekitar. Permasalahan ini bisa diatasi salah satunya dengan cara memperbaiki produk melalui strategi branding dan packaging. Oleh karena itu tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberi pemahaman kepada para pelaku UMKM di Desa Ganggeng tentang pentingnya packaging dan branding produk, membantu untuk menaikan kualitas kemasan produk, dan membantu memiliki brand untuk produk mereka agar mampu bersaing di pasaran. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah dan praktek. Ceramah dilakukan dengan memberikan materi yang diberikan kepada peserta dan dilengkapi dengan makalah. Setelah penyampaian materi, peserta dibimbing dalam kegiatan praktek. Tujuan praktek ini adalah agar peserta kegiatan benar-benar dapat menggunakan dan menerapkan materi pelatihan yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan bisnis UMKM-nya. Praktek dibimbing langsung oleh pemateri dengan bantuan beberapa mahasiswa. Hasil dari kegiatan pembinaan ini adalah para pelaku UMKM memiliki brand, logo, maupun pengetahuan tentang kemasan yang tepat dan menarik untuk produk mereka agar bisa bersaing di pasar.
  1. S. D. Setiawati, M. Retnasari, and Diny Fitriawati, “Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” J. ABDIMAS BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 125–136, 2019.
  2. S. Yacob and J. Johannes, “Introduksi Teknik Branding dan Packaging Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampulabaan di Desa Mekarjaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” J. Karya Abdi Masy., vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.22437/jkam.v3i1.7001.
  3. P. & K. Kotler, Marketing Management, 14th ed. New Jersey: Person Publishing, 2014.
  4. P. Rufaidah, P., Padjadjaran, U., & Rufaidah, “Branding Strategy Berbasis Ekonomi Kreatif: Triple Helix vs. Quadruple Helix Branding Strategy Berbasis Ekonomi Kreatif: Triple Helix vs. Quadruple Helix.,” Researchgate, 2015, doi: https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4132.7208.
  5. N. Muljani, A. Arini, A. Suhartatik, and ..., “Pentingnya Merek Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dari Usaha Mikro Dan Kecil,” PeKA J. …, vol. 3, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://journal.wima.ac.id/index.php/peka/article/view/2997%0Ahttp://journal.wima.ac.id/index.php/peka/article/download/2997/2547.
  6. S. Mitchelmore and J. Rowley, “Entrepreneurial competencies: A literature review and development agenda,” Int. J. Entrep. Behav. Res., vol. 16, no. 2, pp. 92–111, 2010, doi: 10.1108/13552551011026995.
  7. G. Kotler, P., & Amstrong, Kotler, P., & Amstrong, G., 13th ed. Jakarta: Erlangga, 2012.
  8. T. Wijayanti, Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
  9. T. Nilsson, Johan & Ostrom, “Packaging as a Brand Communication Vehicle.” Lulea University of Technology, 2005.
  10. Mubarok, “Pentingnya Branding Dan Packaging Untuk Produk Usaha.” 2018, [Online]. Available: http://lpnu-jabar.or.id/blog/2018/02/19/pentingnya-branding-dan-packaging-untuk-produk-usaha/.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-16
Published: 2023-03-30
Section: Articles
Article Statistics: