Mengoptimalisasikan Pembinaan Industri Kecil dan Menengah melalui Bidang Industri pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (PERDAGKUM)

Jihan Fauziah* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Sekar Arum Ramadhani -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v2i2.5706

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan tentang bagaimana pembinaan Industri kecil dan juga menengah yang ada di kabupaten Ponorogo ini. Kemudian hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembinaan industry kecil maupun menengah yang telah dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM di Kabupaten ponorogo telah berjalan dengan baik, dan kegiatan tersebut juga sangat bermanfaat bagi para masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut dan juga mampu mengembangkan usaha pelaku IKM. Namun ada beberapa daerah yang belum pernal dijangkau oleh para karyawan dinas Perdagkum dalam proses pembinaan industry kecil, seperti desa-desa di pinggiran kabupaten ponorogo ataupun desa-desa terpencil yang aksesnya masih sulit. Adapun dalam melakukan pembinaan tersebut terdapat beberapa kendala yang dihadapi para karyawan, diantaranya yaitu kurangnya jumlah aparat pembinaan khususnya pada tenaga penyuluhannya dan pendampingannya, terbatasnya kemampuan aparat Pembina IKM, terbatasnya alokasi anggaran untuk keperluan pembinaan tersebut, sehingga program kegiatan yang telah direncanakan tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu ada pula kendala yang terdapat pada masyarakat pelaku IKM nya seperti  adanya sikap dan juga perilaku masyarakat atau IKM yang manja, sehingga mereka selalu mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah, selain itu pola piker dan perilaku IKM nya juga sulit untuk diubah sehingga sulit untuk mengembangkan pelatihan yang telah dilaksanakan.

Supplement Files

  1. Dina Trisiana Iskandar (2016). Evaluasi program pembinaan dan pengembangan industri kecil dan menengah di kabupaten ponorogo. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
  2. Kacung Marijan (2005). Mengembangkan Industri Kecil Menengah Melalui Pendekatan Kluster. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga Surabaya.
  3. Muh. Ridwan, Hartutiningsih, Mass’ad Hatuwe (2014). Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Universitas Mulawarman Samarinda.

Full Text: Supp. File(s):
Mengoptimalisasikan Pembinaan Industri Kecil dan Menengah melalui Bidang Industri Pada Dinas PERDAGKUM
Subject Perdagkum, UMKM, Industri kecil, Perdagkum.
Type Research Instrument
  Download (15KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2022-08-14
Published: 2022-09-21
Section: Articles
Article Statistics: