Manajemen Administrasi Buku Tanah di Kantor Pertanahan Magetan

Alvianita Kusuma Dewi* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Wahid Febryan Zakaria -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Wahna Widhianingrum -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v1i1.4122

Abstrak

            Banyak sekali buku tanah yang sudah lama dan sudah usang (rusak) dikarenakan waktu yang lama atau karena terlalu sempitnya ruang penyimpanan buku album tersebut, kami berharap dengan kami mengganti buku album dapat mempermudah karyawan disana untuk mencari buku tanah sesuai dengan kecamatan dan desanya. Selain itu kami juga mengurutkan nomer di dalam buku tanah dari no 1 sampai 100 dan seterusnya agar mempermudah mencari buku tanah. Oleh karena itu, kami melakukan pengabdian berupa manajemen administrasi melalui penggantian buku album tanah yang rusak.

Kegiatan manajemen administrasi Buku Tanah meliputi penciptaan,penyimpanan, perawatan, pengamanan, pemindahan dan penyusutan arsip (Buku Tanah). Kantor BPN Magetan merupakan instansi pemerintah yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang agrarian dan tata ruang pemerintah dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.  Karyawan yang bekerja di kantor BPN dituntut agar bisa menyelesaikan masalah yang berhubungan tentang buku tanah atau sertifikat.  Di dalam kantor BPN tidak terdapat bagian pemasaran, bagian produksi. Namun terdapat susunan organisasi perusahaan.

Seharusnya penangung jawab dibagian buku tanah bisa lebih teliti dalam memberikan informasi  tentang kecamatan dan desa yang tercantum di dalam buku tanah. Memisahkan antara album buku tanah yang sudah rusak dan usang dengan album yang buku tanahnya masih bagus.

 

  1. Daftar Pustaka
  2. Guntari, Djoko Santosa TH, Patni Ninghardjanti, 2018, Analisis Pengelolaan Arsip Buku Tanah Di Kantor Pertanahan Kota Surakarta, Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, Vol.3, No 2, Mei 2019,
  3. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap
  4. Santoso, Urip , 2006, Hukum Agraria dan Hak-Hak Atas Tanah, Ed. Pertama, Cet. Kedua, Kencana, Jakarta.
  5. Sedarmayanti, 2003, Tata Kearsipan dengan Memanfaatkan Teknologi Modern, Mandar Maju, Bandung.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-09-22
Published: 2021-09-22
Section: Articles
Article Statistics: