Pemanfaatan AI dalam Era Kurikulum Merdeka : Perspektif Siswa dan Guru Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9852Abstract Kemunculan AI memiliki dampak dalam perubahan dalam proses pencarian informasi, terutama bagi siswa dalam penyelesaian tugasnya. Pemanfaatan ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi para guru, untuk mengevaluasi dengan perkembangan teknologi saat ini dengan melihat dari sudut pandang dari siswa mengenai AI. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kondisi dari siswa menengah dan melihat seberapa efektifnya pemanfaatan AI oleh mereka, sehingga guru dapat beradaptasi dengan adanya AI ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan AI dari siswa dan guru sudah banyak digunakan. Berdasarkan perspektif siswa, AI digunakan untuk membantu mereka menyelesaikan tugas sekolah, sedangkan dari perspektif guru, AI dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan mereka, dalam pembuatan soal, penyelesaian administrasi guru, dan penyelesaian tugas pada Platform Merdeka Mengajar di Kurikulum Merdeka. Selain itu, kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa perlunya perubahan metode pembelajaran dan sistem penugasan agar penilaian peserta didik tidak hanya terfokus dalam kemampuan mereka mencari informasi, melainkan dalam hal keterampilan mereka dalam memahami dan menganalisis suatu permasalahan.
References
Adi, A. P. K., Wahyuni, S., Purwosetiyono, F. D., & Nugroho, D. S. (2023). Pemanfaatan Ai (Artificial Intelligence) Bagi Guru Untuk Membantu Kinerja Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Lp Ma’arif Nu Jepara. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 2(2), 63-70.
Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Halimah, L. N., Nurhadi, N., & Ghufronudin, G. (2023). Persepsi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sukoharjo (Analisis Teori Fenomenologi Persepsi Maurice Merleau-Ponty). Journal on Education, 6(1), 7328-7333. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3995
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 172-180.
Kim, N. J., & Kim, M. K. (2022, March). Teacher’s perceptions of using an artificial intelligence-based educational tool for scientific writing. In Frontiers in Education (Vol. 7, p. 755914). Frontiers. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.755914
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala pendidikan, (3), 82440.
Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 54-67). https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221
Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 51-57.
Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152-159. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.34734
Pramudiana, I. D. (2017). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif untuk ABK di Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-9.
Rahman, M. M., & Watanobe, Y. (2023). ChatGPT for education and research: Opportunities, threats, and strategies. Applied Sciences, 13(9), 5783. https://doi.org/10.3390/app13095783
Safitri, R. R., Sayla, R., Putri, D., Asyari, G., Andini, S., Chaidir, M., ... & Nasution, I. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Terhadap Peran Profesi Guru. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(5), 1778-1790.
Salsabila, U. H., Insani, A. P. S., Mustofa, H., Kalma, M. E. Z., & Wibisono, M. I. (2023). Teknologi Pendidikan: Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan pasca Pandemi. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 79-88.
Septiani, U. U., Degeng, I. N., & Sitompul, N. C. (2020). Development of Problem Based Learning Book for Indonesian Language and Literature Subject at Junior High School. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2).
Sharples, M. (2022). Automated essay writing: An AIED opinion. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(4), 1119-1126.
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran artificial intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Komteks, 1(1).
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529-535.
Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). Edukasi, 16(3), 294572.
Wang, X., Li, L., Tan, S. C., Yang, L., & Lei, J. (2023). Preparing for AI-enhanced education: Conceptualizing and empirically examining teachers’ AI readiness. Computers in Human Behavior, 146, 107798. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107798
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15-20.
Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Halimah, L. N., Nurhadi, N., & Ghufronudin, G. (2023). Persepsi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sukoharjo (Analisis Teori Fenomenologi Persepsi Maurice Merleau-Ponty). Journal on Education, 6(1), 7328-7333. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3995
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 172-180.
Kim, N. J., & Kim, M. K. (2022, March). Teacher’s perceptions of using an artificial intelligence-based educational tool for scientific writing. In Frontiers in Education (Vol. 7, p. 755914). Frontiers. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.755914
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala pendidikan, (3), 82440.
Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 54-67). https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221
Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 51-57.
Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152-159. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.34734
Pramudiana, I. D. (2017). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif untuk ABK di Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-9.
Rahman, M. M., & Watanobe, Y. (2023). ChatGPT for education and research: Opportunities, threats, and strategies. Applied Sciences, 13(9), 5783. https://doi.org/10.3390/app13095783
Safitri, R. R., Sayla, R., Putri, D., Asyari, G., Andini, S., Chaidir, M., ... & Nasution, I. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Terhadap Peran Profesi Guru. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(5), 1778-1790.
Salsabila, U. H., Insani, A. P. S., Mustofa, H., Kalma, M. E. Z., & Wibisono, M. I. (2023). Teknologi Pendidikan: Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan pasca Pandemi. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 79-88.
Septiani, U. U., Degeng, I. N., & Sitompul, N. C. (2020). Development of Problem Based Learning Book for Indonesian Language and Literature Subject at Junior High School. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2).
Sharples, M. (2022). Automated essay writing: An AIED opinion. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(4), 1119-1126.
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran artificial intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Komteks, 1(1).
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529-535.
Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). Edukasi, 16(3), 294572.
Wang, X., Li, L., Tan, S. C., Yang, L., & Lei, J. (2023). Preparing for AI-enhanced education: Conceptualizing and empirically examining teachers’ AI readiness. Computers in Human Behavior, 146, 107798. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107798
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15-20.
Downloads
Published
2024-07-27
Issue
Section
Artikel
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


