Analisis Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Sikap Religius Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9432Abstract
Observasi ini bermaksud guna menganilis penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) terhadap sikap religius siswa sekolah dasar. P5 mendorongpeserta didik guna mengetahui serta mengamalkan kaidah-kaidah agama secara lebih baik. P5 juga membantu siswa untuk mengembangkan karakter religius seperti disiplin, tanggung jawab, dan toleransi.Kesimpulan penelitian ini adalah P5 merupakan program yang efektif untuk meningkatkan sikap religius siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan agar P5 terus diterapkan serta ditingkatkanpada sekolah-sekolah dasar di Indonesia. Observasi ini mengeksplorasi implementasi proyek P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SD Muhammadiyah 1 Krian serta dampaknya terhadap pengembangan sikap religius siswa melalui pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara, ditemukan bahwa kegiatan P5 telah berhasil menginternalisasi kaidah Pancasila pada sikap serta tindakan lingkungan peserta didik. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya integrasi kaidah-kaidah Pancasila serta ajaran agama pada pendidikan formal untuk membentuk karakter dan sikap religius yang kuat pada generasi muda.
References
Aprilia, N. F., A’yun, Q., & Nasrulloh, M. E. (2023). Penerapan Dimensi Beriman, Bertaqwa Dan Berakhlak Mulia Dalam Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Smp Islam As–Shoddiq Malang. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(7), 13–24. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/21323
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Difa, Z. (2020). Korelasi Antara Perintah Taqwa Dan Mencari Wasilah Dalam Al-Qur’an. 1–23. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57022
Hamdi, Rizal, S. U., & Hikmah, N. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Nuansa Islami Salat Duha Di Sekolah Dasar. 2, 114–122. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/1197/600
Hasan muhammad, E. a. (2021). Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_PENDIDIKAN_INDONESIA_ARAH_BARU
Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Jannah, A. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di Sekolah Penggerak. 01, 328–331. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1191
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Kemendikbudristek. (2022a). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/V.2-Dimensi-elemen-subelemen-Profil-Pelajar-Pancasila-pada-Kurikulum-Merdeka.pdf#:~:text=Berdasarkan pertimbangan tersebut%2C profil pelajar,kritis%2C dan 6) kreatif.
Kemendikbudristek. (2022b). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Dimensi_PPP.pdf
Kholifatunauroh, Damanhuri, & Ilmiah, W. (2023). Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Religius Di SMPN 1 Karangtanjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 232–241. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12682
Ningtyas, R. K. (2021). KONSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PROFIL PELAJAR PANCASILA. Journal Information, 2(30), 1–8. http://repository.upi.edu/70127/2/T_PD_1906790_Chapter 1.pdf
Novitasari, S., & Najicha, F. U. (2023). PERAN PANCASILA dan BHINNEKA TUNGGAL IKA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL dan KARAKTER BANGSA. June, 5–5. https://www.researchgate.net/profile/Sinta-Novitasari/publication/371856621_PERAN_PANCASILA_dan_BHINNEKA_TUNGGAL_IKA_SEBAGAI_IDENTITAS_NASIONAL_dan_KARAKTER_BANGSA/links/649937ebb9ed6874a5db66a3/PERAN-PANCASILA-dan-BHINNEKA-TUNGGAL-IKA-SEBAGAI-IDENTITAS-N
Putri, ragil dian purnama, & Siregar, veni veronica. (2021). Urgensi Menanamkan Akhlak pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 39–50. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-04
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Subadi, T. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. 282. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9298/5. Metode Penel. Kualitatif.pdf?sequence=1
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral K
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


