Korelasi Antara Tingkat Keaktifan Peserta didik dengan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8448Abstract
Terdapat faktor menentukan kesuksesan hasil belajar satu diantaranya keaktifan belajar peserta didik.Tujuan penelitian mengetahui bagaimana keantifan belajar dan hasil belajar serta korelasi antara keaktifan dan hasil belajar peserta didik. subjek penelitian yaitu 38 orang kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Pontianak. metode penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian studi kasus melalui observasi dengan angket keatifivitas dan data hasil asessment formatif peserta didik. analisis data dengan SPSS. Keaktifan belajar peserta didik di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 4 Pontianak menunjukkan tingkat yang cukup dengan persentase sebesar 67,76%. Sementara itu, hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 86,60, yang dapat dikategorikan sebagai tinggi. Analisis statistik menggunakan SPSS mengungkapkan adanya korelasi signifikan antara keaktifan dan hasil belajar peserta didik, nilai r adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Korelasi ini sangat kuat, mencapai koefisien 0,874, menunjukkan hubungan positif: ketika keaktifan belajar tinggi, hasil belajar peserta didik juga tinggi, dan sebaliknya.
References
Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357–366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.703
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Kawuri, Tinon, Retna, Yosephien, Maria., & Fayanto, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Piyungan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 1–8.
Meri, M., Enawaty, E., Masriani, M., Muharini, R., & Ulfah, M. (2022). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 21–33. https://doi.org/10.33394/hjkk.v10i1.5176
Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939
Nurul Istikomah, Stefanus Christian Relmasira, A. T. A. H. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(3), 139.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
Sispariyanto, Esy., Relmasira, C., & Hardini, Asri, T, A. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 87–83.
Sumianingrum, N. E. (2017). Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(1), 17. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i1.3710
Yulia, P., & Ningsih, Utami, S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Promptingdan Contextual Teaching and LearningTerhadap Hasil Belajar Ditinjau dariMotivasiBelajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56–62. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/218/203
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


