IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.817Abstract Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari implementasi pendidikan berbasis multikultural melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah pendidikan ilmu sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif dengan subjek penelitian secara purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada indikator pengamatan kasus/ masalah, Â kerjasama mahasiswa semakin meningkat dalam hal melakukan pengamatan suatu kasus serta tidak ada tendensi pada kelompok tertentu; (2) Pada indikator mandiri mencari literasi penyelesaian kasus ,mahasiswa secara mandiri telah melakukan kegiatan pencarian literasi dalam penyelesaian masalah, dosen hanya sebagai fasilitator; (3) Pada indikator sikap demokratis, secara demokratis mahasiswa menyampaikan solusi masalah dan memberikan kesempatan yang sama mahasiswa lainnya tanpa melihat budaya yang dominan di kelas; (4) Pada indikator berinteraksi dengan berbagai kelompok dalam menciptakan suasana akademik menunjukkan bahwa interaksi mahasiswa dengan antar kelompok masih kurang, keaktifan mahasiswa masih dominan pada kelompok kecil saja.
Downloads
Published
2018-02-03
Issue
Section
Artikel
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


