Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.7725Abstract
Video 3D Realist merupakan suatu bahan ajar yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami konteks materi pembelajaran sehingga mudah untuk menerapkannya dalam sebuah project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan menganalisis dampak penggunaan bahan ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist berbasis Project Based Learning pada hasil berlajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metodel R&D model ADDIE dengan menggunakan software 3DPageflip Profesional. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis semester 6. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data diolah dengan menggunkan analisis deskriptif. Uji yang dilakukan adalah uji kelayakan, dan uji efektifitas. Hasil uji validasi kelayakan isi memperoleh score rata-rata 86%, aspek penyajian memperoleh socre rata-rata 91% dan aspek bahasa memperoleh score rata-rata 87%. Seluruh aspek kelayakan masuk kategori sangat layak. Dilihat dari uji keefektifan diketahui bahwa nilai sig yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebesar 0,000<0, 05, artinya terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist Berbasis Project Based Learning sangat layak dan efektif digunakan.
References
Azis, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (Meliputi Audio, Audio Visual, Video).
Chien, S. P., & Wu, H. K. 2020. Examining influences of science teachers’ practices and beliefs about technology-based assessment on students’ performances: A hierarchical linear modeling approach. Computers and Education, 157, pp 2
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Faqiroh, Binti, Zakkyatul. 2020. Problem Based Learning Model for Junior High School in Indonesia (2010-2019). Indonesian Journal of Curicculum and Educational Technology Studies. Vol 8 No 1, 42-48
Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
Fitri, Hammiyati., Maison., Dwi Agus Kurniawan. 2021. Pengembangan E-Modul Menggunakan 3D Pageflip Profesional pada Materi Momentum dan Impuls. Repositori Unja: Jambi
Firnanda, Muhammada Aditya. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Visual Dimensi Bermuatan Problam Based Learning untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer. Repositori Univesitas Negeri Malang
Islam, A. (2023, May 26). Mengutip Situs Web di [Pengaruh Bahan dan Media Ajar untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Kelas]. Diakses pada Agustus 10, 2023 dari https://mtsalislam.sch.id/p/2023/05/26/pengaruh-bahan-dan-media-ajar-untuk-meningkatkan-efektifitas-pembelajaran-dikelas/
Jazimah, I., Septianingsih, S. (2021). Penggunaan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Berbasis HOTS (High Orther Thingking Skill) pada Pembelajaran Daring di LMS (Learning Management Sistem) Online Class UMP Matakuliah Sejarah Australia dan Osenia. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah Vol 4, No 2
Kemdikbud .(2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran yang Berorientasi HOTS Tahun 2020 (21 Januari 2020) Diakses pada Agustus 16, 2023 dari https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Peningkatan-Kualitas-Pembelajaran-yang-Berorientasi-HOTS
Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100– 120
Nurhayati, Ai Sri & Harianti, Dwi. 2020. Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Diakses pada 10 Agustus 2023 dari website sibatik.kemdikbud.go.id
Permana, A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pengapian Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Di SMK Ma’arif Salam Magelang. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Petrovic, O. 2019. Digital media and informal learning: Alteration mechanism and captured episodes. Communications in Computer and Information Science, 1022(6), 433–469. DOI: 10.1007/978-3-030-21151-6_21
Pranyoto, Y. H. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembiasaan Refleksi. Jurnal Masalah Pastoral, 4(1), 14.
Prastowo. A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press. ISBN, 978-602-978-898-3.
Putnik, G., & Alves, C. 2019. Learning material co-creation infrastructure in social network-based education: An implementation model. Procedia CIRP, 84(1), 215–218.
Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda.
Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.
Saefullah, I. 2016). Membuat Buku Digital Mandiri. Indramayu: Kaonoe Book.
Salsabila, R.P. (2013). Pengembangan Modul Elektronik Fisika sebagai Media Intruksional Pokok Bahasan Hukum Newton pada Pembelajaran Fisika di SMA Jurnal Pembelajaran Fisika, 1 (1): 12-19
Sugiyono, 2018. Statistika untuk Penelitian .Jakarta: Alfabeta
Sumarni, Sri.2019. Model Penellitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap. Yogyakarta: Universitas Islam Kalijaga
Widura, Wira Bayu. Arca Aspini.2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol 4 No 2, pp 200-209
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


