Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Karakter Berwawasan Luas Berbasis Permainan Daerah untuk Usia 7-9 tahun

Authors

  • Brigita Vianney Siregar Sanata Dharma University
  • Gregorius Ari Nugrahanta Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.6253

Abstract

Lunturnya karakter berwawasan luas dan kurangnya bahan ajar dalam membina pendidikan karakter berwawasan luas, menjadi pokok permasalahan dalam studi ini. Tujuan dari studi ini adalah mengembangkan produk berbentuk buku panduan pendidikan karakter berwawasan luas berbasis permainan daerah untuk anak usia 7-9 tahun. Studi ini memakai R&D tipe ADDIE. Studi ini mengikutsertakan sepuluh guru, sepuluh validator, dan enam anak untuk implementasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) Buku panduan pendidikan karakter berwawasan luas sesuai tahapan ADDIE, 2) Kualitas buku sangat baik dan tidak memerlukan revisi dengan skor 3.90, 3) Buku panduan berdampak bagi pendidikan karakter berwawasan luas, yang terlihat pada hasil uji signifikansi t(5) = 21.150; p = 0.000 (p < 0.05). Memiliki efek r = 0.99 yang termasuk dalam kategori "Efek besar" atau sekitar 99% dan skor N-gain sebesar 80.38% dengan keterangan tinggi. Maka pengembangan buku panduan berbasis permainan daerah efektif bagi pendidikan karakter berwawasan luas untuk anak usia 7-9 tahun.

References

Ahmad, K., & Lestari, L. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 183–193. https://doi.org/10.21009/pip.222.10

Andriani, T. (2011). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.

Ansel, M. F., & Arafat, S. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Lidah Kulon IV. Jurnal PGSD, 11(2), 128–134.

Arumsari, C. (2018). Konseling Individu Dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kekuatan Karakter Kesederhanaan. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 1–15. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2712

Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Kebaikan Hati Anak Usia 9-12 Tahun. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 141–155. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/6016

Connell, J. D. (1983). The Global Aspects Of Brain-Based Learning.

Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media

Dybicz, P. & Pyles, L. (2011). The Dialectical Method: A Critical And Postmodern Alternative To The Scientific Method. Advances in Social Work, vol. 12, No. 2 (2011), 301-317.

Fajarwati, Y. E., & Nugrahanta, G. A. (2021). Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 437. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41335

Fauzi. (2012). Pembentukan Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional Cim-Ciman Child Character Building. Ilmiah, 11(2), 99–109.

Febriani, N. S., & Budiana, D. (2017). Upaya Mengembangkan Nilai – Nilai Kerjasama Melalui Penerapan Abstrak Efforts To Develop A Cooperation Value By Applying Bakiak And Gatric Traditional Games. 1(1), 33–41.

Febrianty, C. A., & Nugrahanta, G. A. (2021). Traditional Games And Their Contribution To The Respectful Character In Children. JPSD, 7(2), 157–171.

Ghofar, A. (2020). Gaya Belajar Hebat Untuk Merangsang Otak Anak. Perpustakaan Nasional

Giwangsa, S. F. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Karakter Anak Dan Keterampilan Sosial Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 134–144. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/21321

Hadi T. R. P., & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan Tradisional dan Kontribusinya untuk Sikap Hormat Anak. Jurnal Education and Development, 9(4), 226–234. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3108/2014

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. California: Indiana University

Hardjana. (2002). Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia. Jakarta: Grasindo

Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius, Gemar Membaca, dan Tanggung Jawab pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 76. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i2.1038

Intani, Z. F., & Indati, A. (2019). Peranan Wisdom Terhadap Subjective Well-Being pada Dewasa Awal. Gadjah Mada Journal Of Psychology (GamaJoP), 3(3), 141. https://doi.org/10.22146/gamajop.44105

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana

Jensen, E. (2008). Memperkaya Otak: Cara Memaksimalkan Potensi Setiap Pembelajar. Amerika Serikat: John Wiley & Son

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal For Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.

Kurniawan, W. P., & Zawawi, M. A. (2017). Pengenalan Permainan Tradisional Goteng (Gobak Sodor dan Bentengan) untuk Membangun Karakter Pendahuluan Mata Pelajaran Penjasorkes Sangat Penting Diajarkan pada Sekolah Dasar. 3.

Lickona, T. (2004). Character Matters. New York: A Touchstone Book

Lickona, T. (1991). Educating For Character: How School Can Teach Respect And Responsibility. New York: Random House Publishing Group

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1172

Peterson, C., & Seligman, E. P. (2004). Character Streghts And Virtues. A Handbok And Classification. USA: American Psychological Association

Pgmi, D, dkk. Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Resti Septikasari Rendy Nugraha Frasandy Pendahuluan Sejalan Dengan Era Globalisasi , Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Berkembang Sangat Cepat Dan Makin Canggih , Dengan Peran Yang Makin Luas Maka Diperlukan Guru Yan. 107–117.

Płóciennik, E. (2018). Children’s Creativity As A Manifestation And Predictor Of Their Wisdom. Thinking Skills And Creativity, 28(december 2017), 14–20. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.02.009

Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. 4(1), 21–34.

Putri, A. C. M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Kontribusi Permainan Tradisional untuk Hati Nurani Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4518–4531.

Rahmawati, E. (2010). Bermain Asyik Permainan Tradisional. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan

Rahyubi. (2012), Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media

Rakhmat. (2010). Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak. Bandung: Kaifa

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Reuten, G. (2017). An Outline Of The Systematic-Dialectical Method: Scientific And Political Significance, dalam Moseley, F. & Smith, T. (Ed.). Marx’s Capital And Hegel’s Logic. Chicago: Haymarket Books

Rofifah, D. (2020). Strategi Brain Based Learning Dalam Pengajaran Bahsa Jepang Di Man Mojokerto. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 4(1), 12–26.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.

Rosenthal, R. (1991). Meta-Analytic Procedures For Social Research (2nd Ed.). Newbury Park, CA: Sage

Rosnow, R.L. & Rosenthal, R (2005). Beginning Behavioural Research: A Conceptual Primer (5th Ed.). Englewood Cliffs, Nj: Pearson/Prentice Hall
Saleh, Y. P., Nugraha. M. F., Nurfitriani, M. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1, 127–138.

Sanggita, D. T., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran Permainan Tradisional guna Menguatkan Karakter Kebaikan Hati pada Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 79–93. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1707

Sekarningrum, H. R. V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional untuk Karakter Kontrol Diri Anak Usia 6-8 Tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 207–218. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1158

Setiawan, R. (22 April 2022). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. BKPPD (Badan kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah, (online), (https://bkd.cilacapkab.go.id/p/857/pendidikan-karakter-di-era-milenial), diakses 30 November 2022

Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif Forum Ilmiah. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23188-11_2248.pdf

Sugar, S., & Sugar K. K. (2004). Primary Games Experiential Learning Activities For Teaching Children K-8. San Fransisco: Jossey-Bass A Willey Companny

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Di Indonesia. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–21.

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23477

Tadkiroatun, M. M. H. (2018). Teori dan Konsep Bermain. Modul Paud: Bermain dan Permainan Anak UT, 1–44. http://repository.ut.ac.id/4699/1/paud4201-m1.pdf

Widoyoko, S. E. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Widyana, T. C., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran Permainan Tradisional Terhadap Karakter Empati Anak 6-8 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(6), 5445–5455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1585

Wijayanti, K. E. (2017). Implementasi Pendidikan Luar Sekolah (Outdoor Education) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 48. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6400

Yustisia, J. E., & Nugrahanta, G. A. Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Keadilan Anak Usia 6-8 Tahun. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2886. (2021). 4(5), 136–151.

Published

2022-12-21