Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Karakter Berwawasan Luas Berbasis Permainan Daerah untuk Usia 7-9 tahun
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.6253Abstract
Lunturnya karakter berwawasan luas dan kurangnya bahan ajar dalam membina pendidikan karakter berwawasan luas, menjadi pokok permasalahan dalam studi ini. Tujuan dari studi ini adalah mengembangkan produk berbentuk buku panduan pendidikan karakter berwawasan luas berbasis permainan daerah untuk anak usia 7-9 tahun. Studi ini memakai R&D tipe ADDIE. Studi ini mengikutsertakan sepuluh guru, sepuluh validator, dan enam anak untuk implementasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) Buku panduan pendidikan karakter berwawasan luas sesuai tahapan ADDIE, 2) Kualitas buku sangat baik dan tidak memerlukan revisi dengan skor 3.90, 3) Buku panduan berdampak bagi pendidikan karakter berwawasan luas, yang terlihat pada hasil uji signifikansi t(5) = 21.150; p = 0.000 (p < 0.05). Memiliki efek r = 0.99 yang termasuk dalam kategori "Efek besar" atau sekitar 99% dan skor N-gain sebesar 80.38% dengan keterangan tinggi. Maka pengembangan buku panduan berbasis permainan daerah efektif bagi pendidikan karakter berwawasan luas untuk anak usia 7-9 tahun.
References
Andriani, T. (2011). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.
Ansel, M. F., & Arafat, S. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Lidah Kulon IV. Jurnal PGSD, 11(2), 128–134.
Arumsari, C. (2018). Konseling Individu Dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kekuatan Karakter Kesederhanaan. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 1–15. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2712
Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Kebaikan Hati Anak Usia 9-12 Tahun. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 141–155. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/6016
Connell, J. D. (1983). The Global Aspects Of Brain-Based Learning.
Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media
Dybicz, P. & Pyles, L. (2011). The Dialectical Method: A Critical And Postmodern Alternative To The Scientific Method. Advances in Social Work, vol. 12, No. 2 (2011), 301-317.
Fajarwati, Y. E., & Nugrahanta, G. A. (2021). Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 437. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41335
Fauzi. (2012). Pembentukan Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional Cim-Ciman Child Character Building. Ilmiah, 11(2), 99–109.
Febriani, N. S., & Budiana, D. (2017). Upaya Mengembangkan Nilai – Nilai Kerjasama Melalui Penerapan Abstrak Efforts To Develop A Cooperation Value By Applying Bakiak And Gatric Traditional Games. 1(1), 33–41.
Febrianty, C. A., & Nugrahanta, G. A. (2021). Traditional Games And Their Contribution To The Respectful Character In Children. JPSD, 7(2), 157–171.
Ghofar, A. (2020). Gaya Belajar Hebat Untuk Merangsang Otak Anak. Perpustakaan Nasional
Giwangsa, S. F. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Karakter Anak Dan Keterampilan Sosial Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 134–144. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/21321
Hadi T. R. P., & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan Tradisional dan Kontribusinya untuk Sikap Hormat Anak. Jurnal Education and Development, 9(4), 226–234. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3108/2014
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. California: Indiana University
Hardjana. (2002). Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia. Jakarta: Grasindo
Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius, Gemar Membaca, dan Tanggung Jawab pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 76. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i2.1038
Intani, Z. F., & Indati, A. (2019). Peranan Wisdom Terhadap Subjective Well-Being pada Dewasa Awal. Gadjah Mada Journal Of Psychology (GamaJoP), 3(3), 141. https://doi.org/10.22146/gamajop.44105
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana
Jensen, E. (2008). Memperkaya Otak: Cara Memaksimalkan Potensi Setiap Pembelajar. Amerika Serikat: John Wiley & Son
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal For Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.
Kurniawan, W. P., & Zawawi, M. A. (2017). Pengenalan Permainan Tradisional Goteng (Gobak Sodor dan Bentengan) untuk Membangun Karakter Pendahuluan Mata Pelajaran Penjasorkes Sangat Penting Diajarkan pada Sekolah Dasar. 3.
Lickona, T. (2004). Character Matters. New York: A Touchstone Book
Lickona, T. (1991). Educating For Character: How School Can Teach Respect And Responsibility. New York: Random House Publishing Group
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1172
Peterson, C., & Seligman, E. P. (2004). Character Streghts And Virtues. A Handbok And Classification. USA: American Psychological Association
Pgmi, D, dkk. Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Resti Septikasari Rendy Nugraha Frasandy Pendahuluan Sejalan Dengan Era Globalisasi , Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Berkembang Sangat Cepat Dan Makin Canggih , Dengan Peran Yang Makin Luas Maka Diperlukan Guru Yan. 107–117.
Płóciennik, E. (2018). Children’s Creativity As A Manifestation And Predictor Of Their Wisdom. Thinking Skills And Creativity, 28(december 2017), 14–20. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.02.009
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. 4(1), 21–34.
Putri, A. C. M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Kontribusi Permainan Tradisional untuk Hati Nurani Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4518–4531.
Rahmawati, E. (2010). Bermain Asyik Permainan Tradisional. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan
Rahyubi. (2012), Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media
Rakhmat. (2010). Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak. Bandung: Kaifa
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Reuten, G. (2017). An Outline Of The Systematic-Dialectical Method: Scientific And Political Significance, dalam Moseley, F. & Smith, T. (Ed.). Marx’s Capital And Hegel’s Logic. Chicago: Haymarket Books
Rofifah, D. (2020). Strategi Brain Based Learning Dalam Pengajaran Bahsa Jepang Di Man Mojokerto. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 4(1), 12–26.
Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.
Rosenthal, R. (1991). Meta-Analytic Procedures For Social Research (2nd Ed.). Newbury Park, CA: Sage
Rosnow, R.L. & Rosenthal, R (2005). Beginning Behavioural Research: A Conceptual Primer (5th Ed.). Englewood Cliffs, Nj: Pearson/Prentice Hall
Saleh, Y. P., Nugraha. M. F., Nurfitriani, M. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1, 127–138.
Sanggita, D. T., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran Permainan Tradisional guna Menguatkan Karakter Kebaikan Hati pada Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 79–93. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1707
Sekarningrum, H. R. V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional untuk Karakter Kontrol Diri Anak Usia 6-8 Tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 207–218. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1158
Setiawan, R. (22 April 2022). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. BKPPD (Badan kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah, (online), (https://bkd.cilacapkab.go.id/p/857/pendidikan-karakter-di-era-milenial), diakses 30 November 2022
Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif Forum Ilmiah. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23188-11_2248.pdf
Sugar, S., & Sugar K. K. (2004). Primary Games Experiential Learning Activities For Teaching Children K-8. San Fransisco: Jossey-Bass A Willey Companny
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Di Indonesia. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–21.
Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23477
Tadkiroatun, M. M. H. (2018). Teori dan Konsep Bermain. Modul Paud: Bermain dan Permainan Anak UT, 1–44. http://repository.ut.ac.id/4699/1/paud4201-m1.pdf
Widoyoko, S. E. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Widyana, T. C., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran Permainan Tradisional Terhadap Karakter Empati Anak 6-8 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(6), 5445–5455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1585
Wijayanti, K. E. (2017). Implementasi Pendidikan Luar Sekolah (Outdoor Education) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 48. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6400
Yustisia, J. E., & Nugrahanta, G. A. Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Keadilan Anak Usia 6-8 Tahun. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2886. (2021). 4(5), 136–151.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


