PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG

Miswanto .* -  SMPN 1 Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v4i2.203

Penguasaan keterampilan berbahasa khususnya menulis puisi rata-rata masih rendah, karena teknik pembelajaran yang digunakan kurang tepat sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran.  Penelitian ini dilakukan dengan  menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Data tes yaitu berupa penilaian keterampilan menulis. Sedangkan alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto.Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya  setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik pengamatan objek secara lansung   mengalami peningkatan sebesar 53,7%. Nilai rata-rata pada prasiklus 60, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 72,1 artinya mengalami peningkatan sebesar 12,1 atau 31,8%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 20,4 atau 53,7 % bila dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Perubahan sikap  yang positif bahwa siswa dengan model tersebut lebih tertarik dan termotivasi.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-08-20
Published: 2016-08-20
Section: Artikel
Article Statistics: