FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636Abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa sulit dalam belajar. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah pembelajaran seharusnya siswa bisa konsentasi dan menjalani pembelajaran dengan baik. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal siswa tidak boleh mengalami kesulitan belajar. Berawal dari hal tersebut perlu diketahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Setelah diketahui faktor-faktor kesulitan tersebut maka akan dapat diambil rumusan penyelesainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang kesulitan belajar siswa, tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), proses pembelajaran berlangsung, pandangan atau sikap siswa (afektif), antusiasme, dan motivasi belajar. Kajian dipusatkan pada faktor-faktor kesulitan belajar siswa di kelas. Responden yang dipilih adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Janti Kecamatan Slahung. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengikuti pola azas penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa di MIN Janti Slahung mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor kurangnya motivasi dari guru, kurangnya minat mengikuti pelajaran karena kurangnya penggunaan alat peraga. Sedangkan faktor eksternal yaitu guru masih bingung menjalankan kurikulum yang berjalan, kurangnya buku-buku bacaan pendukung.
References
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irham, M dan Wiyani.A.N. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyadi, 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta. Nuha Litera.
Rahmah, dkk. 2013. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS di MA Syarif Hidayatullah Pontianak. Pontianak.
Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri, Anitah. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Persada.
Irham, M dan Wiyani.A.N. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyadi, 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta. Nuha Litera.
Rahmah, dkk. 2013. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS di MA Syarif Hidayatullah Pontianak. Pontianak.
Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri, Anitah. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Persada.
Downloads
Published
2019-03-29
Issue
Section
Artikel
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


