PERAN PUSTAKAWAN DALAM MEMBANTU KUALITAS ACADEMIC WRITING MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMADIYAH YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v9i1.11113Abstrak Penelitian ini mengkaji peran pustakawan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas academic writing mahasiswa. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pustakawan telah berkembang menjadi fasilitator utama yang menyediakan lima modul pembelajaran literasi informasi yang telah melayani 495 mahasiswa dari berbagai program studi. Pustakawan menerapkan pendekatan konsultatif yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik tiap bidang keilmuan, dengan integrasi teknologi dan AI yang menekankan etika akademik. Program ini terbukti berdampak positif terhadap kualitas academic writing mahasiswa, meskipun masih menghadapi tantangan bahasa dan kesenjangan teknologi. Penelitian ini membuktikan perpustakaan perguruan tinggi berperan aktif sebagai pusat pembelajaran yang berkontribusi pada peningkatan kualitas lulusan melalui pengembangan keterampilan penulisan akademik.
Referensi
Akhyar, M., Zakir, S., Gusli, R. A., Fuad, R., Islam, U., Syaikh, N., & Djambek, M. D. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) Perflexity AI dalam penulisan tugas mahasiswa pascasarjana. 4(2), 219–228. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i2.15435
Andayani, U. (2017). Pustakawan akademik sebagai mitra riset di perguruan tinggi. Al Maktabah, 15(1), 29–40. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4712
Bell, J.Steven, J. S. (2004). The blended librarian librarians. College & Research Libraries News, August.
Ganggi, R. I. P. (2019). Pustakawan sebagai Profesi yang Berkembang: Pemaknaan Kembali Peran Pustakawan terhadap Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan. Anuva, 3(4), 399–409. https://doi.org/10.14710/anuva.3.4.399-409
Harahap, D. R. S. (2024). Peran Pustakawan di Perguruan Tinggi Sebagai Partner Riset dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna. Media Informasi, 33(1), 50–59. https://doi.org/10.22146/mi.v33i1.6350
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); 1st ed.). Wal Ashri.
Istiarni, A. (2021). Peran Pustakawan Sebagai Mitra Pendamping Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Media Pustakawan, 28(2), 123–131.
Juniarti, Y. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593
Libraries, T. A. of C. and R. (2016). Framework for Information Literacy for Higher Education.
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 851–858. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863
Mckinney, P., & Wheeler, E. (2015). Are librarians teachers ? Investigating academic librarians ’ perceptions of their own teaching roles. Journal of Information Literacy, 9(2).
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf
Qurotianti, A. (2020). Penerapan Blended Librarian di Era Digital ( Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ). 6(1). https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i1.
Rhoni Rodin, Heri Junaidi, A. M. (2024). PUSTAKAWAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM MENGHADAPI ERA MILLENIAL. PUBLIS JOURNAL, 8(2), 95–122.
Rosalia, D. R., & Masruri, A. (2024). Peningkatan Literasi Informasi Melalui Seminar Pengenalan Artificial Intelligence dan Ragam Research Tools dalam Penulisan Karya Ilmiah di Perpustakaan STIPRAM Yogyakarta. Jurnal Adabiya, 26(1), 55. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21328
Santi Pratiwi Tri Utami, Andayani, Retno Winarni, S. (2023). Utilization of artificial intelligence technology in an academic writing class : How do Indonesian students perceive ? CONT ED TECHNOLOGY, 15(4).
Umi Sholihah, F. E. W. (2018). Strategi Mengajar Academic Writing Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Widya Dharma Klaten. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2), 52–60. https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2261
Wiratningsih, R. (2020). Pustakawan Akademik Dalam Pendampingan. Libraria : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 41–53. https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/83
Andayani, U. (2017). Pustakawan akademik sebagai mitra riset di perguruan tinggi. Al Maktabah, 15(1), 29–40. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4712
Bell, J.Steven, J. S. (2004). The blended librarian librarians. College & Research Libraries News, August.
Ganggi, R. I. P. (2019). Pustakawan sebagai Profesi yang Berkembang: Pemaknaan Kembali Peran Pustakawan terhadap Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan. Anuva, 3(4), 399–409. https://doi.org/10.14710/anuva.3.4.399-409
Harahap, D. R. S. (2024). Peran Pustakawan di Perguruan Tinggi Sebagai Partner Riset dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna. Media Informasi, 33(1), 50–59. https://doi.org/10.22146/mi.v33i1.6350
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); 1st ed.). Wal Ashri.
Istiarni, A. (2021). Peran Pustakawan Sebagai Mitra Pendamping Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Media Pustakawan, 28(2), 123–131.
Juniarti, Y. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593
Libraries, T. A. of C. and R. (2016). Framework for Information Literacy for Higher Education.
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 851–858. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863
Mckinney, P., & Wheeler, E. (2015). Are librarians teachers ? Investigating academic librarians ’ perceptions of their own teaching roles. Journal of Information Literacy, 9(2).
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf
Qurotianti, A. (2020). Penerapan Blended Librarian di Era Digital ( Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ). 6(1). https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i1.
Rhoni Rodin, Heri Junaidi, A. M. (2024). PUSTAKAWAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM MENGHADAPI ERA MILLENIAL. PUBLIS JOURNAL, 8(2), 95–122.
Rosalia, D. R., & Masruri, A. (2024). Peningkatan Literasi Informasi Melalui Seminar Pengenalan Artificial Intelligence dan Ragam Research Tools dalam Penulisan Karya Ilmiah di Perpustakaan STIPRAM Yogyakarta. Jurnal Adabiya, 26(1), 55. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21328
Santi Pratiwi Tri Utami, Andayani, Retno Winarni, S. (2023). Utilization of artificial intelligence technology in an academic writing class : How do Indonesian students perceive ? CONT ED TECHNOLOGY, 15(4).
Umi Sholihah, F. E. W. (2018). Strategi Mengajar Academic Writing Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Widya Dharma Klaten. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2), 52–60. https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2261
Wiratningsih, R. (2020). Pustakawan Akademik Dalam Pendampingan. Libraria : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 41–53. https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/83
Unduhan
Diterbitkan
2025-05-24
Cara Mengutip
Jatiga, D. F., Samosir, F. T., & Widiyarti, D. (2025). PERAN PUSTAKAWAN DALAM MEMBANTU KUALITAS ACADEMIC WRITING MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMADIYAH YOGYAKARTA. Publication Library and Information Science, 9(1), 50–69. https://doi.org/10.24269/pls.v9i1.11113
Terbitan
Bagian
Articles