PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM SEBAGAI DISEMINASI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v9i1.11010Abstract
Penelitian ini membahas pengelolaan akun Instagram Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk diseminasi informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga konten value dalam pengelolaan konten: informative, educative, dan  entertainment yang dimanfaatkan melalui fitur Feed, Stories, dan Reels. Strategi ini meningkatkan keterlibatan pengguna, meskipun terdapat kendala seperti respons rendah dan keterbatasan waktu pengelola. Kesimpulannya, Instagram adalah media strategis untuk meningkatkan visibilitas dan peran perpustakaan di era digital.
References
Bagas Nova Saputra, & Saiddaeni. (2024). Manajemen Media Sosial Lembaga Pendidikan Islam : Studi Pada SMP IT Taqiyya Rosyida Kartasura. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 22–37. https://doi.org/10.58230/ijier.v1i1.42
Hayati, K., & Lintangdesi Afriani, A. (2023). Pemanfaatan Fitur Instagram Hashtag (#) Di Era Konvergensi. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 5(1), 46–61. https://doi.org/10.31599/komaskam.v5i1.2265
Junaedi, & Mazidah. (2024). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Information Science and Library, 4(2), 74. https://doi.org/10.26623/jisl.v4i2.9070
Maliha, I., Anwar, R. K., & Rodiah, S. (2023). Penerapan Layanan Opencourseware Open Library Telkom University sebagai Media Pembelajaran Gratis. Jurnal Pustaka Ilmiah, 9(1), 21. https://doi.org/10.20961/jpi.v9i1.71725
Panggabean, A. D. (2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia Pada Tahun 2024. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024
Puspitasari, F. (2024). ANALISIS DESAIN KONTEN VISUAL TERHADAP PERFORMA INSTAGRAM UNIVERSITAS UTPADAKA. 45–62.
Putri, M. K., & Suharso, P. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 215–232. https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.215-232
Qurotianti, A. (2020). Penerapan Blended Librarian di Era Digital (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i1.27876
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Salsabillah, I., & Yuniarti, T. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Infobekasi Sebagai Media Informasi Tentang Bekasi. Jurnal Edukasi Dan Multimedia, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.37817/jurnaledukasidanmultimedia.v1i2.2900
Saragih. (2021). Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol.10. No.4 Oktober (2021). 10(4), 8–19.
Sasmitaratri, A. V. (2021). Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol.10. No.3 Agustus (2021). 10(3), 10–17.
Sutoto, I. (2018). B . Pengembangan Perpustakaan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 1(1), 71–82.
Tasmara, A., & Sulistyanta. (2023). Penegakan Hukum Terkait Distribusi Konten Bermuatan SARA Berdasarkan Hukum Positif di Indonesia. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 1(3), 82–90.
umy.ac.id. (2024). Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024. Web Perpustakaan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. https://www.umy.ac.id/perpustakaan-umy-raih-juara-instagram-terbaik-di-fpptma-awards-2024
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.