ANALISIS PERUBAHAN LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASES 2019 (COVID-19) (Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v4i2.3121Abstract Perubahan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19 ini membutuhkan perpustakaan UIN Sunan Kalijaga membuat kebijakan baru agar tetap dapat memberikan layanan yang maksimal terhadap pemustaka. Seperti halnya jaringan layanan, yang mana yang biasanya mengharuskan pemustaka datang ke perpustakaan untuk dapat melakukan peminjaman dan ada koleksi perpustakaan, berubah menjadi layanan online atau jarak jauh. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan pada sirkulasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil analisis dari penelitian ini adalah Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengeluarkan dua kali tahapan kebijakan fase darurat yang berbeda.
References
Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dianami, I. (2013). prinsip dan tujuan layanan sirkulasi—PERPUSTAKAAN R@_CHyLlHa. https://sites.google.com/site/layananperpustakaan/jenis-layanan-perpustakaan/layanan-sirkulasi/prinsip-dan-tugas-layanan-sirkulasi
Ibrahim, B. (2000). Pengolahan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Bumi Aksara.
Istiana, P. (2014). Layanan Perpustakaan. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Pamuntjak, R. S. (2000). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta : Djambatan.
Pedoman Umum Pengolahan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. (1999). Jakarta Perpustakaan Nasional RI.
Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Umum. (2000). Jakarta Perpustakaan Nasional RI.
Rahardjo, M. (2010). Jenis dan Metode Penelitian Kualitatif. Www.Uin-Malang.Ac.Id. https://www.uin-malang.ac.id/blog/post/read/100601/jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, (2007).
Rudis. (2016, August 8). PUST4104 – Layanan Perpustakaan. Perpustakaan UT. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/pust4104-layanan-perpustakaan/
Septiyantono, T. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : JIPI UIN Sunan Kalijaga.
Setiawan, A. R., & Ilmiyah, S. (2020). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) [Preprint]. EdArXiv. https://doi.org/10.35542/osf.io/h4632
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sutarno NS. (2006). Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.
_baru.png)






