SUMBER REFERENSI DAN AKSES INFORMASI KESEHATAN OLEH MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v4i2.3075Abstract
Sumber informasi elektronik sudah menjadi bagian dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi.  Mahasiswa sangat akrab dengan sumber informasi yang dapat diakses dengan mudah menggunakan perangkat yang mereka miliki. Sumber informasi kesehatan merupakan salah satu sumber referensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber referensi apa yang sering dimanfaatkan mahasiswa dalam proses belajar mereka. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mengakses sumber informasi kesehatan dalam bentuk elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang mahasiswa. Data primer didapatkan melalui kuesioner, dan didukung dengan data sekunder berupa observasi dan wawancara kepala perpustakaan dan pustakawan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa sudah sangat familiar dengan sumber informasi elektronik. Database yang sering diakses adalah EBSCO dan Proquest, karena database ini dilanggan oleh perpustakaan. Selain itu mahasiswa juga mengakses database secara gratis menggunakan situs DOAJ dan Onesearch. Adapun hambatan mahasiswa dalam mengakses adalah kesulitan dalam menentukan kata kunci dan menemukan situs lain yang berisi informasi kesehatan.
References
Andayani, U. (2014). Manajemen Sumber-Sumber Informasi Elektronik. Jurnal Al-Maktabah Vol 13 (1) hal.8-19
Fadilla, N. (2018). Persepsi Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara Terhadap Portal Indonesia One Search. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sumatera Utara
IFLA. (2012). Key Issues for E-Resources Collection Development: a guide for libraries. Diakses melalui http://www.ifla.org
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. PNRI. Jakarta
Saxena, A. (2009). Electronic Publishing : Impact of ICT on Academic Libraries. http://crl.du.ac.in/ical09/papers/index_files/ical-117_142_311_2_RV.pdf
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.
_baru.png)






