Pojok Statistik: Kolaborasi Perpustakaan Universitas Padjadjaran dan BPS Provinsi Jawa Barat dalam Pengembangan Layanan Referensi
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v7i2.8017Abstract
Kerjasama merupakan cara dalam membangun relasi untuk terciptanya kolaborasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kolaborasi layanan pojok statistik, dampak kolaborasi, dan hambatan serta strategi peningkatan layanan pojok statistik. Metode penelitian digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kolaborasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Padjadjaran dan BPS Provinsi Jawa Barat dalam pengelolaan pojok statistik melibatkan sivitas akademika seperti mahasiswa dan dosen. Kolaborasi yang terjalin memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak, BPS dapat memperkuat user engagement dan branding produk statistik BPS, sedangkan Perpustakaan Universitas Padjadjaran dapat membangun relasi untuk meningkatkan sumber daya dan kinerja perpustakaan. Promosi dan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan pemanfaatan pojok statistik. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan cara membuat infografis, konten kreatif di media sosial, dan melakukan event seperti seminar maupun workshop statistik. Kesimpulan penelitian menjelaskan pojok statistik merupakan wujud dari pengembangan layanan referensi yang ada di perpustakaan perguruan tinggi. Hal ini terlihat dari cara kerja layanan pojok statistik yang memungkinkan terjadinya interaksi antara agen statistik dan pemustaka. Kolaborasi yang terjalin dapat menciptakan sinergi untuk mendukung peningkatan literasi statistik secara luas di lingkungan Universitas Padjadjaran.Â
References
Galib, A. A. C., Arham, A., Ismaya, & Haruddin. (2022). Strategi membangun kerja sama dalam upaya peningkatan layanan perpustakaan. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 27–32. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4476/1807
Gani, S. A. (2020). Revitalisasi layanan referensi perpustakaan perguruan tinggi. LIBRARIA:, 12(2), 230–239. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/9016
Hafifah, S., & Marsisno, W. (2022). Permasalahan dan potensi dalam diseminasi official statistics pada Badan Pusat Statistik. In Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 323-332. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1419
Komariah, N., Saepudin, E., & Nurislaminingsih, R. (2021). Kolaborasi sebagai upaya peningkatan kinerja perpustakaan di Telkom University open library. Pustakaloka, 13(2), 178–198. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v13i2.3285
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressind (LPSP).
Oktaviani, H. R., Saifudin, S., & Puspita, R. E. (2019). Kualitas layanan sebagai strategi peningkatan kepuasan pengunjung perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 159–174. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.159-174
Putra, I. P., & Irawati, I. (2018). Layanan referensi sebagai representasi perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(1), 77. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i1.13464
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Pub. L. No. 43, 1 (2007).
Rifauddin, M. (2017). Keterampilan sosial pustakawan dalam memberikan pelayanan bermutu di perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 102–112. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a9
Stiawan, F. D., & Kurniawan, A. T. (2019). Analisis implementasi kerjasama UPT Perpustakaan IAIN Salatiga dengan kedutaan besar India dalam penyediaan layanan India Corner. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(2), 41–50. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23110
Suratmi, I. (2021). Meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan melalui kerja sama antar perpustakaan. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.5952
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.
_baru.png)






