KERJASAMA PERPUSTAKAAN PUSTAKALANA DAN IKEA DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v8i1.8022Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengulas lebih lanjut tentang bagaimana bentuk, proses, analisa program serta hasil terhadap peningkatan literasi anak pada kerjasama antara Perpustakaan Pustakalana dengan IKEA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pendekatan dalam bentuk deskriptif serta melalui kajian literatur. Penelitian kualitatif deskriptif ini melibatkan proses analisis yang teliti, yang mengikuti langkah-langkah berikut yaitu dengan melakukan observasi yang selanjutnya dilakukan dengan wawancara juga mencakup studi literatur dari berbagai sumber seperti artikel, jurnal, makalah, skripsi, buku, peraturan pemerintah, serta situs web resmi Perpustakaan Pustakalana. Google Cendekia juga digunakan sebagai sumber utama. Secara keseluruhan, kerjasama antara Perpustakaan Pustakalana dan IKEA telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan literasi anak-anak di Kota Bandung. Program-program ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan membaca, berpikir kritis, berimajinasi, dan berpartisipasi dalam kegiatan literasi. Oleh karena itu, kerjasama ini telah berhasil mencapai tujuan awalnya dalam meningkatkan literasi anak-anak dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Namun, dalam mengukur keberhasilan program-program literasi, perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi literasi anak-anak.
References
Ainun. (2022). IKEA KBP x Pustakalana: Lomba Menggambar ‘My Little Heroes.’ Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2022/09/18/ikea-kbp-x-pustakalana-lomba-menggambar-my-little-heroes/
Brata, A. B. (2018). ANALISIS STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION IKEA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BIDANG FURNITURE DAN HOME FURNISHING. Universitas Islam Indonesia.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Komariah, N., Saepudin, E., & Rukmana, E. N. (2021). Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 112–127. https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.1298
Pustakalana. (2021). Kolaborasi bersama IKEA Indonesia – Kota Baru Parahyangan. Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2021/12/01/kolaborasi-bersama-ikea-indonesia-kota-baru-parahyangan/
Pustakalana. (2022). Talkshow Menghadirkan Ruang Baca di Rumah bersama arsitek Gosha Muhammad di IKEA Kota Baru Parahyangan. Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2022/10/15/talkshow-menghadirkan-ruang-baca-di-rumah-bersama-arsitek-gosha-muhammad/
Rani. (2022). Eksplorasi Bawah Laut di IKEA Kota Baru Parahyangan. Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2022/12/05/eksplorasi-bawah-laut-di-ikea-kota-baru-parahyangan/
Sihombing, M. H., Yusniah, Pranasari, M., Arlinda, L., & Pulungan, R. A. (2022). Membangun Kerjasama untuk Mengembangkan Perpustakaan yang Ideal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4697–4703.
Surminah, I. (2013). Pola Kerjasama Lembaga Litbang dengan Pengguna dalam Manajemen Litbang (Kasus Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat). Jurnal Bina Praja, 05(02), 101–112. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.101-112
Syarif, V. D. P. (2020). Peningkatan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Pelayanan Informasi. Jurnal Ecodunamika, 3(2), 4. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3285/1547
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam
Perespektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.