Pengaruh Library Anxiety dalam Akses Layanan Referensi Mahasiswa di UPT Perpustakaan IAIN Kediri
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v7i1.6942Abstract
Perpustakaan saat ini telah menerapkan sistem otomasi salah satunya pada layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi. Layanan referensi yang dimaksud adalah akses yang dimiliki perpustakaan untuk merujuk ke suatu koleksi perpustakaan seperti OPAC, e-journal, e-thesis, repository dan akses rujukan lainnya. Penerapan otomasi di perpustakaan memiliki kendala yang dialami mahasiswa yaitu rasa cemas karena merasa kurang terampil dalam memanfaatkan layanan tersebut. Selain itu, terbatasnya sumber informasi yang dimiliki perpustakaan serta wabah dari covid-19 juga berdampak pada kebiasaan mahasiswa yang lebih nyaman untuk mengakses referensi dari website lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh library anxiety yang dialami mahasiswa saat mengakses layanan referensi di UPT Perpustakaan Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif, yaitu untuk mengetahui hubungan atau sebab dan akibat dari adanya library anxiety yang dialami mahasiswa pada saat mengakses layanan referensi di UPT Perpustakaan IAIN Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuisioner
tertutup berisi beberapa pertanyaan yang diberikan kepada responden dalam bentuk pilihan ganda dengan populasi seluruh mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2021 kemudian dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sejumlah 96. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh library anxiety dalam akses layanan referensi mahasiswa sebesar 49,4% sedangkan sisanya dipengaruhi hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Amrullah. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Malang: Media Nusa Creative.
Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Darwanto, Utami, A. K. T., & Gusniawati, N. (2015). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan perguruan tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpusnas PRESS, 1–62. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Gainau, M. B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Kanisius.
Hartini, E. A. R., & Rohmiyati, Y. (2017). Pengaruh library anxiety terhadap pemanfaatan jurnal elektronik (ejournals subscribed) pada mahasiswa angkatan 2016 Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 491–500. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23181
Mellon, C. A. (1986). Library anxiety: a grounded theory and its development. College & Research Libraries, 47(2), 276–283. https://doi.org/10.5860/crl.76.3.276
Muhammad, H. (2021, April 28). Perpustakaan Universitas BSI Berperan Penting Bagi Mahasiswa. Retrieved Maret 21, 2022, from Republika: https://www.republika.co.id/berita/qs9m73380/perpustakaan-universitas-bsi-berperan-penting-bagi-mahasiswa
Muslih, A. (2021). Pelaksanaan layanan referensi di perpustakaan IAIN Kediri. Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 19(2), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v19i2.3518
Nurlina. (2016). Persepsi pemustaka tentang layanan referens di perpustakaan dan arsip daerah Kabupaten Barru [Universitas Islam Negeri Alauddin]. In Repository UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5409/
Pratama, R. N., & Rohmiyati, Y. (2017). Pengaruh library anxiety taruna terhadap pemanfaatan perpustakaan di UPT Perpustakaan Politeknik Maritim Negeri Indonesia Semarang. Jurnal Ilmu Perpu, 6(3), 181–190. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23145
Purnasari, N. (2021). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: Guepedia.
Rahmah, E. (2018). Teori dan aplikasi. In Akses dan layanan perpustakaan (1st ed., pp. 1–248). PRENADAMEDIA GROUP. https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18210
Safira, A. R. (2020). Pengaruh library anxiety siswa terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan di SMA Plus Negeri 17 Palembang [UIN Raden Fatah Palembang]. In Repository UIN Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8413
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartika, I. P. (2004). Implementasi Teknologi Informasi Sebagai Usaha Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan. Visi Pustaka, 15-18.
Triana, D. (2021). Hubungan layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan IAIN Batusangkar [Publikasi IAIN Batusangkar]. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJ5uvgevOgj2Gd9pvnr4vql3ESJhhl6B9wI9LIxtcQ4WPiRBUEkKs8cggD9Wu2KtV8bWYTWQMBMNAinxsd3%2BRDMTgcdIB8vtq6ixZhspegCxjSinOKM7cJwu87%2FCiksBWdbRcYgrDUm5B7QwkYQ53%2FkYgVt1kjtVkA%3D
Yusrawati. (2016). Peran pustakawan dalam menghadapi library anxiety di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jupiter, XV(1), 45–54. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/212
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.