PENGARUH KONTEN BOOKSTAGRAM @IRMADURROTUN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL FOLLOWERS DALAM EVALUASI INFORMASI BUKU

Authors

  • Intan Yustiani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Galuh Indah Zatadini UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.24269/pls.v9i1.11730

Abstract

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, Instagram menjadi sumber informasi bagi komunitas bookstagram. Untuk menilai kebenaran informasi terkait buku, individu dalam komunitas ini harus memiliki kemampuan literasi digital yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konten bookstagram @irmadurrotun terhadap kemampuan literasi digital followers dalam evaluasi informasi buku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi terdiri dari followers akun @irmadurrotun. Sampel 100 responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan rumus slovin. Kuesioner online digunakan untuk mengumpulkan data dan regresi linear sederhana digunakan untuk analisis. Menurut temuan penelitian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,355, menunjukkan bahwa konten bookstagram @irmadurrotun berpengaruh sebesar 35,5% terhadap literasi digital dalam evaluasi informasi buku, sementara sisanya 64,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Adila, G. Z. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Publikasi Informasi Pemerintah Oleh Diskominfo Kabupaten Lampung Utara, 1–12.
Aisyah Fauzziah, Hanum, A. N. L., & Rahman, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Siswa Di Smas Kemala Bhayangkari Melalui Podcast Platform Spotify. Jurnal Pustaka Budaya, 11(1), 23–31. doi:10.31849/pb.v11i1.14896
Anjani, D. P. (2022). Pengaruh Bookstagram Terhadap Budaya Baca: Studi Kasus Pada Followers Akun Instagram @sintiawithbooks. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Azizah, I. N., & Irhandayaningsih, A. (2019). Evaluasi Informasi oleh Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro Terhadap Website Informasi Kesehatan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 161–168.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. Wiley.
Masse, M. R. (2017). INTERNET DAN PENGGUNAANNYA (Survei di kalangan masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 21(1), 13. doi:10.31445/jskm.2017.210102
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.
Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Teoretik dan Praktik. (Monalisa, Ed.) (2 ed.). Depok: Rajawali Pers.
Siregar, S. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (4 ed.). Jakarta: Kencana.
Social media users in Indonesia THE LAST MONTH OF 2024. (2024). Diambil 17 Desember 2024, dari https://napoleoncat.com/stats/social-media-users-in-indonesia/2024/#section-instagram
Solis, B. (2010). Engage! : the Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. Hoboken, N.J. : John Wiley.
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (28 ed.). Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. (N. F. Atif, Ed.) (2 ed.). Bandung: Refika Aditama.
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2), 60–69. doi:10.51495/jurnalakrab.v10i2.290
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4 ed.). Jakarta: Kencana.

Published

2025-06-10

How to Cite

Yustiani, I., & Zatadini, G. I. (2025). PENGARUH KONTEN BOOKSTAGRAM @IRMADURROTUN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL FOLLOWERS DALAM EVALUASI INFORMASI BUKU. Publication Library and Information Science, 9(1), 88–104. https://doi.org/10.24269/pls.v9i1.11730

Issue

Section

Articles