DESAIN DAN UJI PERFORMA MESIN GERINDA PENDUPLIKAT POROS CAM UNTUK APLIKASI BALAP MOTOR

Bayu Aji Girawan* -  Prodi Teknik Mesin, Politeknik Negeri Cilacap, Indonesia

DOI : 10.24269/mtkind.v16i2.6000

Abstrak

 Mesin ini adalah mesin gerinda yang digunakan untuk melakukan duplikasi poros cam. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan desain mesin penduplikat poros cam, dan melakukan pengujian performa dari mesin tersebut. Proses desain dimulai dari studi literatur dan lapangan, penyusunan ide dan catatan, pembuatan dan pengujian. Dari hasil desain diperoleh panjang mesin adalah 570 mm, lebar 320 mm, dan tinggi 529 mm, menggunakan motor listrik AC 1 phasa untuk gerinda, dan motor listrik DC sebagai pemutar poros cam. Dari hasil pengujian diperoleh ketelitian rata-rata pada lobe intake adalah sebesar 0,08 mm, dengan error rata-rata 10,1% dan error tertinggi sebesar 33,3% pada sudut 170° dan 180°. Sedangkan pada lobe exhaust diperoleh ketelitian rata-rata adalah sebesar 0,08 mm dengan error rata-rata 10,1%  dan error tertinggi sebesar 44,4% pada sudut 170°. 

 

Abstract

This machine is a grinding machine which is used to duplicate the camshaft. The objective of this research is to design a camshaft duplicating machine, and perform a test to find out its performance. The design process starts from literature and field studies, drafting ideas and notes, and manufacturing and testing. The design results machine length of 570 mm, 320 mm in widht, and 529 mm in height, using a 1 phase AC electric motor for grinding, and a DC electric motor on cam shaft side. The test results average accuracy of the intake lobe is 0.08 mm, with an average error of 10.1% and the highest error of 33.3% at angle of 170° and 180°. While on the exhaust lobe has average accuracy of 0.08 mm with an average error of 10.1% and the highest error of 44.4% at an angle of 170°.

 

 

Supplement Files

Keywords
duplikat cam; mesin gerinda duplikat; balap motor; modifikasi cam
  1. M. H. Al-Rasyid, K. Anam, dan Towijaya, “Pengaruh Modifikasi Lubang Buang Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Motor 2 Tak,” Surya Teknika, vol. 10, no. 1, hlm. 1–8, 2022, doi: https://doi.org/10.48144/suryateknika.v6i1.1337.
  2. D. S. Ikhwanudin dan I. M. Arsana, “Pengaruh Penggunaan Engine Control Unit (ECU) Unlimiter Terhadap Engine Motor Yamaha V-ixion 150 CC,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 11, no. 1, hlm. 175–184, 2021.
  3. M. S. Ghaly dan Y. A. Winoko, “Analisis Perubahan Diameter Base Circle Camshaft Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor,” Jurnal Flywheel, vol. 10, no. 2, hlm. 7–12, 2019, doi: https://doi.org/10.36040/flywheel.v10i2.742.
  4. Syarifudin, “Pengaruh Penggunaan Knalpot Standart Dengan Racing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Mio GT Soul Tahun 2012,” Jurnal Nozzle, vol. 5, no. 1, hlm. 106–108, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.30591/nozzle.v5i1.803.
  5. W. Wardana, S. Widodo, dan K. Suharno, “Pengaruh Durasi Pembukaan Katup Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah 160 CC,” dalam Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan, 2022.
  6. H. K. Muhajir, A. A. P. Susastriawan, M. H. N. Aziz, P. T. D. Rompas, dan H. Khairul Muhajir, “Pengaruh Variasi Tinggi Lift, Lobe Separation Angle Camshaft, dan Roller Rocker Arm Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah,” Jurnal Frontiers, vol. 1, no. 1, hlm. 7–16, Apr 2018, [Daring]. Available: http://ejournal.unima.ac.id/index.php/efronti
  7. I. G. N. S. Sanjaya, K. R. Dantes, dan I. N. P. Nugraha, “Analisis Perbandingan Durasi Cam Shaft Terhadap Torsi dan Daya Pada Motor Bensin 4 Langkah,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, vol. 7, no. 1, hlm. 29–35, Mar 2019, doi: https://doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18589.
  8. O. D. Prakoso dan Wahyudi, “Pengaruh Penggunaan Variasi Camshaft dengan Beda Durasi Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor 4 Langkah,” Automotive Science and Education Journal, vol. 9, no. 1, hlm. 43–47, 2020, [Daring]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej
  9. I. T. Prasetyo, A. Sudrajad, dan Y. Yusuf, “Modifikasi Durasi Camshaft Untuk Meningkatkan Performa Mesin Satu Silinder 115 Cc,” Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, vol. 21, no. 2, hlm. 84–90, Jul 2020, doi: 10.23917/mesin.v21i2.10886.
  10. L. D. Yuono dan E. Budiyanto, “Pengaruh Perubahan Sudut Camshaft Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Sebagai Upaya Efisiensi Energi,” Turbo, vol. 9, no. 1, hlm. 78–86, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v9i1.1162.
  11. S. Ardi, F. Abdillah, dan S. Mahendra, “Pengaruh Variasi Durasi Camshaft Terhadap Performance dan Emisi Gas Buang Pada Motor 4 Tak 150 Cc,” Journal of Vocational Education and Automotive Technology, vol. 2, no. 1, hlm. 41, Apr 2020.
  12. Halim, R. Bachmid, dan S. P. Yudha, “Pengaruh Durasi Camshaft Terhadap Prestasi Mesin Bensin 110 Cc,” Otopro, vol. 17, no. 1, hlm. 1–7, Nov 2021, doi: https://doi.org/10.26740/otopro.v17n1.p1-7.
  13. A. Habib dan A. Ghofur, “Pengaruh LSA (Lobe Separation Angel) pada Camshaft Terhadap Unjuk Kerja Mesin Jupiter Z1,” ROTARY, vol. 3, no. 1, hlm. 43–56, 2021, doi: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v3i1.3465.
  14. W. N. Achmadin, I. N. D. K. Dewi, dan D. Wahyudi, “Pengaruh Modifikasi Lift Camshaft dengan Bahan Bakar Pertalite dan Pertamax Terhadap Kinerja Mesin 110 Cc,” Turbo, vol. 10, no. 2, hlm. 231–238, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v10i2.1716.
  15. I. A. Syaifudin dan A. Rijanto, “Pengaruh Tinggi Lift Noken As Trhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion,” dalam Prosiding Seminar Nasional Tenologi (Semastek), Sep 2022, vol. 1, no. 1, hlm. 360–363.
  16. A. A. A. Sya’bani, K. R. Dantes, dan I. G. Wiratmaja, “Pengaruh Variasi Derajat Lobe Separation Angle Camshaft Terhadap Torsi, Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Motor Bensin 4 Langkah,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, vol. 10, no. 2, hlm. 148–157, 2022.
  17. M. Gufron, D. Wahyudi, dan I. K. Noor Dwi, “Analisis Performa Mesin Camshaft Standart dan Camshaft Modifikasi Sepeda Motor 110cc,” Cermin: Jurnal Penelitian, vol. 5, no. 2, hlm. 306–316, Des 2021, doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i2.1086.
  18. Sunarto, Carli, Daryadi, Hartono, dan B. Sumiyarso, “Desain Copy Grinding Machine Untuk Menggerinda Pahat Bubut Bentuk Ulir Radius,” dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Des 2018, hlm. 204–209.
  19. N. T. Bunga, H. Sukma, H. Hariri, Richard, dan Y. A. Sihombing, “Rancang Bangun Mesin Gerinda Copy Camshaft,” Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, vol. 1, no. 1, hlm. 17–25, Jan 2019, doi: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v1i1.214.
  20. A. Y. Nasution, R. E. Muhammad, dan R. N. Kholik, “Pembuatan Mesin Pengcopy Camshaft Racing SepedaMotor 4 Tak dengan Kapasitas 1 Pcs/30 Menit,” dalam Prosiding SEMNASTEK, Okt 2019, vol. 16, hlm. 1–5.

Full Text: Supp. File(s):
Data Hasil Pengujian
Subject
Type Research Results
  Download (45KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2022-10-10
Published: 2022-12-31
Section: Artikel
Article Statistics: