PENINGKATAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KESENIAN REYOG PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.440Abstrak
The aims of this research are to improve the value of early childhood characters and to describe the increase in the values of the character through the arts reyog Ponorogo in BA Aisyiyah Keniten Ponorogo. This research is action research, the study subjects were 30 kindergarten students in BA Aisyiyah Keniten Ponorogo. The research location is in BA Aisyiyah Keniten Ponorogo. The collection of data necessary to support the research, questionnaires, observations, and interviews. Data obtained during the investigation which lasted analyzed both quantitatively and qualitatively to obtain maximum results. The results show that through art Reyog Ponorogo increase in the values of characters in BA Aisyiyah Keniten can be improved. It can be seen from the increase in the values of the characters with respect and courtesy by 83% to 93%; collaborated character value of 80% increased to 86.7%; independence 87% increase to 96.7%, while for discipline 76.7% to 90%. For the love of God's character by 80% to 96.7%.
Referensi
Borg, Gall. 2002. Educational Research An Introduction
Seventh Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Kurniawaty, Aries Susanty. 2011. Pengembangan Karakter Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jakarta: Litbang RA Istiqlal.
Pedoman Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. 2012. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Pekerti, Widia. 2007. Pendidikan Seni Musik- Tari/ Drama.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudirman. 2009. Reyog, Warok, dan Gemblak. Dinamika Guru,3(3): 3 55.
Sulistyo, E. T. 2005. Kaji Dini Pendidikan Seni. Surakarta: UNS Press.
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia
Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.