A Development Model Of An Illustration Design For A Story Book Titled ‘Temi’s Story’ As An Introduction Media To A Healthy Life
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v6i2.4310Abstrak The introduction of a healthy life was a habit that needed to be considered by every individual. Therefore, it was necessary to introduce early so that the habit of a healthy lifestyle can be a good habit attached to each individual. This study aimed to: (a) produce a picture book as a healthy life recognition media, (b) know the feasibility of the storybook as a healthy life introduction media, (c) know the effectiveness of pictorial story books as a healthy life-to-life recognition media. This type of research was research and development (R & D) by adapting the Borg and Gall model. Stages of development included five stages: needs analysis, planning, initial product development, limited testing, and revised product test results. Needs analysis was carried out in this study to found out what the storybook was illustrated as a healthy life-to-life introduction media needed. Seven respondents responded that it was very necessary with a percentage of 100%. The story book titled "Temi’s Story" was tested on its validation and effectiveness. The results of validation by media experts were 100% very good. The results of the effectiveness test were obtained 75% feasible and 25% very feasible.
Referensi
the-overall-scores-by-sustainable devolopmen t-goals-sdgs-for-southeast-asian-countries
Databoks. 2020. 29 Januari 2021. “Kualitas kesehatan indonesia peringkat 4 di asia tenggaraâ€. Diakses 22 Februari 2021. https://databoks.katadata.co.id/ datapublish/2016/10/11/indonesia-peringkat-4-negara-paling-sehat-diasea.
CNN. 2018. 24 Desember 2018. “Catatan kesehatan indonesia sepanjang 2018†. Diakses 22 Februari 2021. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181217130400-255-354250/catatan-kesehatan-indonesia-sepanjang-2018.
Indonesian Heart Association. 2019. 27 September 2019. “Hari jantung sedunia (world hearth day): your heart is our heart tooâ€. Diakses 24 Februari 2021. http://www.inaheart.org/news_and_events/news/2019/9/26/press_ release world_heart_day_perki_2019.
Laila, Nurul dan Eka. 2020. “Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Pola Asuh Ibu dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Martapura 2 Tahun 2020â€. (Desertasi Doktor). Universitas Islam Kalimantan. Kalimantan..
Riskesdas. 2018. “Hasil Utama riskesdas 2018. Jakartaâ€: Kementrian Kesehatan RI.
Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan. 2018. “Perilaku Kesehatan Se Sulawesi Selatan 2018. Makassarâ€: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.
Kemdikbud. 2017. 17 Juli 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasionalâ€. Diakses 24 Februari 2021. https://www.kemdikbud.go.id /main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-k arakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.
Wiyani, Novan dan Siswadi. 2018. “Manajemen Program Kegiatan PAUD Berbasis Otak Kananâ€. Jakarta: Gava Media..
Mutiah, Diana. 2010. “Psikologi Bermain Anak Usia Diniâ€. Jakarta: Kencana.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUDâ€. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Suhendar, Iwan, Udin Rosidin dan Nina. 2020. “Pendidikan Kesehatan Tentang Hidup Bersih dan Sehat Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Al-Amin Garutâ€. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 135-145
Indrayana, Hendro, dan Aniendya. 2018. “Perancangan Buku Interaktif Pembelajaran Pengembangan Karkater Generasi Alfaâ€. Jurnal DKV Adiwarma, 1(12), 1-10.
Gilang, Riama, dan Nedina. 2017. “Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar untuk Mendidik Karakter Anak Usia Diniâ€. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 158-169.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.