The Role of the Family Environment in Shaping the Prosocial Behavior of Early Childhood in Lakambau Village, Batauga District, South Buton Regency
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v7i1.4177Abstrak This study aimed to determine "The role of the family environment in shaping the prosocial behavior of early childhood in Lakambau Village, Batauga District, South Buton Regency". This research used descriptive qualitative research, which studies existing problems and applicable work procedures. This qualitative descriptive study aimed to describe what is currently happening. The unit of analysis used in this study was the family environment. The research results and the discussion indicated the role of the family in shaping the prosocial behavior of early childhood in the Lakambau Village, Batuaga District, South Buton Regency. This can be seen from the results of the data obtained in the Batuatas environment that the role of the family by providing examples, motivation, a sense of security/protection, and continuous supervision could shape the prosocial behavior of early childhood. The formation of prosocial behavior such as showing enthusiasm, obeying the applicable rules of the game, and showing empathy has begun to develop according to expectations and is relatively increasing.
Referensi
Aditya, I. G., Haris, I. A., & Indrayani, L. (n.d.). Pengaruh Partisipasi Orang Tua Dalam Mendidik Di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 10.
Ardiyanto, H., & Fajaruddin, S. (2019). Tinjauan atas artikel penelitian dan pengembangan pendidikan di Jurnal Keolahragaan.
https://www.researchgate.net/publication/331825668
Christanto, F. A., Susilo, T. D., & Windrawanto, Y. (n.d.). Effect of self-confidence on high school student’s social adjustment. 5.
Dianita, S., & Arifin, I. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. 7.doi.10.31004/obsesi.v4i2.402
Hajrah, K., & Syafril. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Rencana Pemerintah Membuka Area Pertambangan Emas di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. JISIP, 1, 143–145.
Hanggara Budi Utomo, F., & Linda Dwiyanti. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. Jpp Paud Fkip Untirta, 7. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index
hulukatil, wenny. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anakw. 7, 265–282.
Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, M., & Hartati, H. (2020). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737
Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal
Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 sssTahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2015.
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16
Sigit Purnama, L. H. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–542. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v4i2.391
Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987–1996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.775
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.