The Utilization Of Coastal Media To Develop Symbolic Thinking Ability For 4-5 Years Old Children In Wali Urban Village, Binongko District, Wakatobi Regency
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v6i2.4151Abstrak
This study aims to determine the symbolic thinking ability of chidren aged 4-5 years which includes the ability to count the number of objects from 1 to 10, recognize the concept of numbers, recognize number symbols, and recognize letter symbols. The problem in this study was that when learning observations took place, parents asked children to count the number objects from 1 to 10, recognized the concept of numbers, recognized number symbols, and recognize letter symbols and the child could already count and recognized number symbols. This research was conducted using a qualitative descriptive approach. The type of research used was the type of experimental research conducted with four meetings using coastal media. The subjects in this study were 11 children in Wali Urban Village, aged 4-5 years. Data collection was carried out by observation. The data analysis technique used in this study was the qualitative descriptive analysis technique. The results of the study showed that the symbolic thinking abilty of children aged 4-5 years using coastal media developed as expected.Â
Referensi
Dan Ninik Yuliani, R. I. K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum, 10(1). https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224
Hasnida. (2016). Panduan Pendidik Dalam Mengimplementasikan Kurikulum PAUD 2013. PT. Luxima Metro Media.
Henny. (2018). Utilization of Natural Materials to Increase Calculation Ability of 4-5 Year-old Children.
Heryana, A., & Unggul, U. (2018). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif. Universitas Esa Unggul, 25.
Jeti, L. (2019). Pola Asuh & Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembentukan Nilai- nilai Moral Anak Usia Dini. Zahir Publishing.
Kurniati, A. (t.t.-a). Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Desa Lapandewa Jaya Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan. 6.
Kurniati, A. (t.t.-b). Pesisir Pantai Lakorapu Sebagai Media Pembelajaran Alami Bagi Anak Usia Dini. 15.
Kusumawardani, C. T., & Fauziah, P. Y. (2020). Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1024–1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.620
Muntakhib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 04, 16. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v4i2.665
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (t.t.). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. 9.
Nurkolis & Muhdi. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Purwoko, T. (2013). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keberadaan Anak Jalanan Di Kota Balikpapan. 14.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Salma, S., & Jumarni, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Berwarna Pada Anak Kelompok B. 3(1), 8.
Sari, T. P. (t.t.). Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Pancasila I Karangpilang Surabaya. 12.
Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300
Susilo, S. (2016). Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Bee Media Pustaka.
Yani, A. (t.t.). Pelatihan Pemanfaatan Kulit Kerang Untuk Barang Kerajinan
Masyarakat Daerah Pesisir Kota Bontang. 8.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap
Minat Belajar Siswa pada Masa Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan,2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142 Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian
Gabungan. Kencana.
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam
Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.