Creating Bonding with Children during a Pandemic Through Fun Cooking Activities
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v7i1.3633Abstrak Fun Cooking is an activity in which children make their own dishes with ingredients that have been prepared by their parents and this Fun Cooking activity is an activity that requires assistance from parents or teachers when in school. Fun Cooking is also an activity that trains eye and muscle coordination and can also train children's social emotional development, which is to create bonding between children and parents. The purpose of this study is to create bonding in early childhood. The method in this research is using descriptive qualitative method. The collection technique in this study used the observation technique, namely the researcher saw directly the fun cooking activities of the parents with the child, interviews, namely the researcher interviewed the child's parents, and documentation to obtain valid and strong data. The analysis technique used in this research is data reduction using the Miles and Huberman model and the validity of this study uses the triangulation technique. The results of this study show that Fun Cooking activities can create bonding between children and parents and can train children's social emotional development.
Referensi
Article, Original, Jurnal Ilmiah, and Mahasiswa Psikologi. 2016. “Original Article Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi Vol. 1, No. 3 : 34- November 2016.†1(3):42–51.
Darwati, Arwendis Wijayanti, and Elisa Novie Azizah. 2019. “Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 6(2). doi: 10.5281/zenodo.3551669.
Ervika, Eka. 2005. “Kelekatan ( Attachment ) Pada Anak.†Kelekatan Pada Anak 1–17.
Fadhillah, Nurul, and Syarifah Faradina. 2016. “Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kemandirian Remaja SMA Di Banda Aceh.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi 1(4):42–51.
Guidance, Educational, Counseling Development Jounal, Suci Lia Sari, and Rika Devianti. 2018. “KELEKATAN ORANGTUA.†1(1):17–31.
Jakarta, Universitas Negeri. 2017. “Hubungan Kelekatan Orangtua Dan Regulasi Diri Dengan Kemampuan Sosial Anak.†(1).
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 37 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia.
Laely, Khusnul, and Subiyanto Subiyanto. 2020. “Cooking Class Berbasis Kearifan Lokal Meningkatkan Motorik Halus Anak Di Daerah Miskin.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):923. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.466.
Nurhidayah, Siti. 2011. “Kelekatan ( Attachment ) Dan Pembentukan Karakter.†7(2).
Nurkamilah, Milah, Nandhini Hudha Anggarasari, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, and Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. 2018. “Jurnal Pendidikan : Early Childhood FUN COOKING : PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG.†2(1):1–6.
Remaja, Emosional, and Laki-laki Smp. 2014. “Hubungan Kelekatan Orang Tua Dengan Anak Terhadap Kecerdasan.â€
Saputri, Lutfi Mahera. Anwar, Saiful. Susanto, Happy. Laksana, Sigit Dwi. The Role of Parenting in Forming Independent Character and Discipline. Diversity Science. 2(1). 158-170. 2022
Saturrosidah, Anis, Marina Dwi Mayangsari, M. Syarif Hidayatullah, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat, and Jl A. Yani. 2018. “INFLUENCE OF PARENT ATTACHMENT TO ADVERSITY QUOTIENT OF DIVORCE VICTIM.†1:21–27.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alpabeta.
Wijayanti, Arwendis, and Elisa Novie Azizah. 2019. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK USIA 3-4 TAHUN.†6(September). doi: 10.5281/zenodo.3551669.
Yosi Amaros, Dan, and Rohita. 2018. “Peran Kegiatan Fun Cooking Dalam Kemampuan Sosial.†Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 4(4):256–64.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.