An Analysis of Mathematics Learning from Homes of Grade 1 Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v6i2.3538Abstrak
The Covid-19 pandemic has affected all important sectors such as education. This incident made parents take part in helping children learn from home including learning mathematics for grade 1 SD. This study aimed to analyze mathematics learning from home during the Covid-19 pandemic in grade 1 students at Al Ishlah Bukittinggi Islamic Elementary School in the 1st semester of the 2020/2021 school year. This type of research used descriptive qualitative. Collecting data used the method of documentation, interviews, questionnaires and observation sheets. The results of the study aim to see the learning activities, processes and expectations of children, parents and teachers during the Covid-19 Pandemic.Â
Referensi
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 195-201.
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24-32. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/vie w/4747/4106
Bredekamp, Sue. (1987). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through 8, Washington, DC: National Association for the Education of Young Children,
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi, 9(1), 37-50. Retrieved from http://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/720/993
fatimah, S., lyesmaya, D., & maula, L. h. (2020). Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (melalui aplikasi whatsapp) di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 4 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 98-105.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan kemampuan matematika anak usia dini melalui permainan jam pintar di taman kanak-kanak pembina kec. Bangkinang kota. Jurnal PAUD Tambusan, 49-54.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
KPCPEN, T. (2020). Kasus Aktif di Indonesia Masih Di Bawah Rata-Rata Dunia. Jakarta: https://covid19.go.id/p/berita/kasus-aktif-di-indonesia-masih-di-bawah-rata-rata-dunia.
Nahrowi Adjie, S. U. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Pemahaman Bilangan Cacah pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 326-337.
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal e-Learning, 5(3), 195-206. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1098825.pdf.
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 41-51.
Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implication for STEM Education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1-6. doi: 10.29333/ejmste/7893.
Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 1-8.
Yuliani, N., & Sujiono, d. (2008). Metode Pengembangan Kogntif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.