The Role Of The Cadre For Family Development (BKB) In Improving The Competency Of Childhood Mother In Demak
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v6i1.3393Abstrak
The role of parents is crucial in the development and growth of early
childhood thinking skills. Early childhood is able to master more words and
have a strong desire to understand everything. Cadres are human resources
involved in BKB counseling activities. The purpose of this study is to
describe and analyze the role of BKB cadres in improving the competence of
mothers under five in Demak Regency. This research is a qualitative
research. The subjects of this study were BKB cadres in Demak Regency.
Data collection techniques through observation, interviews and document
study. Data analysis techniques by collecting data then reducing data,
analyzing and then concluding. The results of this study indicate that BKB
cadres have a very crucial role, namely as facilitators and as motivators.
Efforts made by BKB cadres to increase the knowledge and insight of
mothers under five by building commitment, fostering motivation, abilities
and skills, conducting continuous coaching, conducting evaluation and
monitoring.
Referensi
Ariesta, N. P. 2011. Peran kader bina keluarga balita dalam upaya pembinaan kesejahteraan keluarga melalui layanan bina keluarga balita (studi deskriptif di bkb kasih ibu i kelurahan bulukerto kecamatan bulukerto kabupaten wonogiri). Universitas Negeri Semarang.
Farihah, F., & Masitowarni, M.2013. Pengelolaan kegiatan bina keluarga balita (BKB) secara holistik dan integratif. Jurnal Keluarga Sehat Dan Sejahtera, 11(22), 8–14
Hastasari, C., & Perwita, A. H. 2014. Pengembangan model komunikasi pelayanan untuk menghasilkan kader yang kreatif dalam menunjang keberhasilan program bina keluarga balita. Jurnal Komunikator, 6(2).
Mendiknas (2011). Pedoman pelaksana pendidikan karakter. Jakarta : Puskurbuk
Nida. 2013. Bina Keluarga Balita. http://annida191.blogspot.com/2013/0 3/bina-keluaga-balit-bkb.html.
Rakhmawati, N. Z., dan Panunggal, B. 2014. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Perilaku Ibu dalam Pemberian Makanan Anak Usia 12-24 Bulan. Jurnal of Nutrition College Volome 3 (01) Tahun 2014: 43-50.
Sediaoetama, A. D. 2008. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi di Indonesia Jilid I. Dian Rakyat :Jakarta.
Setianingrum S, Desmawati L, Yusuf A. 2017. Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1 (2): 137-145, Desember 2017 Available at http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc.
Sipayung, Hendra. 2012. Program BKB Mengawal Tumbuh Kembang Anak Pada Periode Emas. http://kalteng.bkkbn.go.id/Lists/Artikel/DispForm.aspx?ID=43&ContentTypeId=0x01003DCABABC04B7084595D A364423DE7897
Soetjiningsih, 2012. Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Buku Kedokteran, EGC : Jakarta.
Sukesi, Kurniawati, Puspitasari. 2014. Pelatihan peningkatan pengetahuan, keterampilan pada ibu dan kader dalam mendeteksi tumbuh kembang balitanya melalui bina keluarga balita di kel. Manyaran semarang. Jurnal Keperawatan Anak . Volume 2, No. 1, Mei 2014; 24-27.
Supariasa, I D. N., Bakri, B., dan Fajar, I. 2012. Penilaian Status Gizi. Penerbit Buku Kedokteran, EGC : Jakarta.
Taufiqurrahman, M. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Gizi dengan Status Gizi Balita di Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Skripsi. Unsoed, Purwokerto.
Thorslund et al. 2014. Universal Parental Support-How to Reach Out: A Cross-Sectional Random Sample of Swedish Parents. Research Article BMC Public Health. Department of Psychology, University of Gothenburg, Gothenburg, Sweden Vol 14 Oktober 2014.
Virdani, A. S., 2012. Hubungan Antara Pola Asuh Terhadap Status Gizi Balita Usia 12-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kalirungkut Kelurahan Kalirungkut Kota Surabaya (Skripsi tidak terpublikasi). Universitas Airlangga, Surabaya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.