KOMPARASI PERMENDIKBUD NOMOR 137 TAHUN 2014 DENGAN PERMENDIKNAS NOMOR 58 TAHUN 2009 DALAM PEMBELAJARAN PAUD
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v1i1.228Abstrak The implementation of early childhood learning in Indonesia prior to the issuance Permendikbud No. 137 of 2014 is referred to and guided by the Permendiknas 58 Year 2009. Then after Permendikbud No 137 of 2014 is set, then Permendiknas 58 The year 2009 is no longer valid and can not be used as guidelines in the implementation of early childhood education. Permendikbud No. 137 of 2014 is a manifestation of the implementation of Curriculum 2013, while Permendiknas 58 The year 2009 was a manifestation of the Education Unit Level Curriculum (SBC). From a technical point of these two regulations is different, but in terms of content or meaning in general have similarities. Nonetheless, Permendikbud No. 137 of 2014 is designed to melengkapai and enhance Permendiknas 58 Year 2009 on Early Childhood Education Standards
Referensi
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam
Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Yogyakarta: ArRuzz
Media.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:
Rosda
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan
(SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
(SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud)
Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak
Usia Dini.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud)
Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia Dini. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.