THE INFLUENCE OF USE AUDIO VISUAL MEDIA TO INCREASE THE DEVELOPMENT OF EARLY CHILDHOOD LANGUAGE
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v4i2.1968Abstrak
The problem in this research is the development of early childhood language that has not been expected. The research aim to determine the influence of use audio visual media to increase the development of early childhood language. The research methods used are experimental methods with pre-experimental design. The samples in this research were children aged 5-6 years, amounting to 41 children. The data collection techniques used are observations. Analysis of data in this research using simple linier regression tests. The results showed that there was a significant influence on the use of audio visual media against early childhood language skills. This means that the use of audio visual media in the learning process in early childhood can help to increase the development of early childhood language. Thus, the role of teacher is expected in the use of audio visual media to increase the development of early childhood language.
Referensi
Hanifah, Trisna Umi. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Early Childhood Education Papers. vol. 3, no. 2, pp. 46-54.
Kartono, dkk. (2014). Bunga Rampai Penelitian Bahasa dan Sastra. Lampung: Kantor KBPL Bahasa Provinsi Lampung.
Rinanto, Andre. (1982). Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanaky, Hujair, AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safria Insania Press.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Syamsu, Yusuf. (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wulandari, Novi. (2013). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok A TK Sandhy Putra Surakarta. Vol. 2, No. 4.
Yuliani, N. S. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Zaman, Badru dkk. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.