The Influence Of Storytelling Method Towards Moral Values Planting In PAUD Tunas Tadulako Palu
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v5i1.1965Abstrak
This study aims to find out how to cultivate moral values through the method of storytelling at PAUD Tunas Tadulako Palu. This research is an experiment, by providing treatment that begins with initial observation, treatment and final observation. The instruments used include: illustrated story books, dolls, imitation items, plants, pictures, and CD or videos. The results of the study indicate an increase in moral values that are quite good through the storytelling method. The method of planting moral values applied has a lot of positive influences on children's moral development and through appreciation of the content of the story, the child will gradually change his behavior which was not in accordance with existing moral values to be better in accordance with the character portrayed in the story.
Referensi
Darmadi, H. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Darmadi, H. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depdiknas.
Destiyana, Ela. (2016). Upaya Meningkatkan Sikap Empati Melalui Metode Storytelling Pada Anak SD Negeri Caturtunggal 3 Depok. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9 (5).
Hazlitt, H. (2003). Dasar-dasar Moralitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, O.S. (2000). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Isjoni. (2009). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Koyan, I.W. (2000). Pendidikan moral pendekatan lintas budaya. Jakarta: Depdiknas.
Miller. (2003). Mengasah Kecerdasan Moral Anak. Bandung:Kaifa
Muallifah. (2013). Storytelling sebagai Metode Parenting untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Islam, 10 (1).
Parsons, L.T. (2016). Storytelling in Global Children's Literature: Its Role in the Lives of Displaced Child Characters. Journal of Children's Literature, 42 (2).
Poerwadarminta,W.J.S. (2007). Kamus umum bahasa indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Rafferty, Pauline., Albinfalah, Fawaz. (2014). A tale of two images: the quest to create a story-based image indexing system. Journal of Documentation, 70.4.
Soenarjati,. Cholisin. (1994). Dasar dan konsep pendidikan pancasila. Yogyakarta: Laboratorium PMP dan KN.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.