AN ANALYSIS OF THE EFFECTS OF THE APPLICATION OF MOBILE PHONES IN CHILDREN IN SIDOMULYO VILLAGE AND KERTOSARI ESTATE HOUSING PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v4i2.1756Abstrak
Mobile Phone is a communication tool that is currently developing rapidly, both among parents, adolescents, and children. This study aimed to determine the effects of handphones on children in Sidomulyo village and Kertosari housing Ponorogo. This study used a moderating variable that is the roles of parents. The study population were parents in the village of Sidomulyo and Kertosari Estate Housing Ponorogo. The samples selected were parents aged 3-12 years. The analytical method used descriptive statistical analysis, data quality test or data validity test, regression analysis and then proceeded with hypothesis testing with the application of SPSS (Statistical Product and Service Solution). The first hypothesis testing showed that the use of mobile phones affected the social and emotional level of children. The second hypothesis testing showed that the role of parents could control children in using mobile phones with the children's social and emotional levels.
Referensi
Gozhali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Universitas Diponegoro
Imron, Riyanti. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Keperawatan. Volume XIII Nomor 2 Oktober 2017. ISSN 1907 - 0357
Nugraha, A. & Rachmawati, Y. (2008). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Sujiono, Y. N. (2013). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sari, P dan Mitsalia A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi 13 (2) : 73 –77
Sri Mulianah, Ali Rahman tahun (2016) judul penelitian peningkatan kemampuan mahasiswa membuat proposal penelitian melaui model pembelajaran langsung. (studi pada program studi pendidikan agama islam STAIN ParepareGoleman, D. (2016). Social Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Yulia Trinika tahun (2015) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3- 6 Tahun) Di Tk Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal Proners Vol 3, No 1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.