PENGEMBANGAN WAROG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v2i2.630Abstrak The aims of this research is to develop WAROG (Wayang Reyog) as a learning media of love character of homeland in early childhood. This research is a development research. The research location is in TK Surya Kemuning. The collection of data necessary to support the research, observations and interviews instruments. From the interview data then developed WAROG media, then validated, small group trials and product trials. The data obtained from the observations will be analyzed by recording data and describe descriptively. The development of WAROG media uses Sugiono's development model which is limited to product trial steps. WAROG media development the result show to be worthy of use, from the results of testing it can be seen that the application of WAROG media to instill the character of this education with very good criteria.
Referensi
Borg, Gall. 2002. Educational Research An Introduction Seventh Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Handayani, Nurlaili. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter melalui multiple strategi berbasis multicultural dalam menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 ISSN. 2460-0318 hal. 1 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEANâ€: Prodi PPKn UNMUH Ponorogo
Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012. Diunduh pada 7 November 2016.
Wulandari, Ratna. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IIB SD Negeri Kasongan Bantul Yogyakarta. Skripsi : UNY
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.