Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya
DOI : 10.24269/dpp.v12i2.9526
Di zaman digital saat ini, penggunaan teknologi menjadi semakin penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Meskipun siswa mungkin tidak menganggap topik PPKn menarik, media interaktif ini memiliki fungsi sebagai alat yang ampuh dalam memotivasi mereka serta mendorong keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah dan bagaimana wordwall dapat digunakan di kelas PPKn untuk memotivasi siswa agar belajar lebih banyak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami lebih dalam mengenai pengalaman dan sudut pandang siswa terhadap penggunaan media wordwall. Data dikumpulkan melalui pengamatan/observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil riset menyatakan bahwasannya penggunaan wordwallsecara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa mengungkapkan bahwasannya fitur-fitur interaktif wordwall mendukung pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, serta membantu siswa untuk memperdalam materi dengan lebih mudah. Observasi juga menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data kualitatif mengungkapkan bahwa elemen gamifikasi danvisualisasi yang disediakan oleh wordwall berkontribusi besar dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa.
- Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, Nursaadah, R., & Sopian, S. B. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.
- Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Kajian, Inovasi , dan Aplikasi Pendidikan, 6(1), 136.
- Ariwibowo, E. K. (2020). "Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram". Diambil kembali dari erickunto.com: https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html
- Asmaroini, A. P. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1): 34.
- Damasanti, L., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 1 Krian. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 11(1), 20.
- Datu, I. P., Wihelmus, W., & Ratna, P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 2-3.
- Galuh , N., Tono, K., & Nuddin, Z. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Multimedia Pada Pembelajaran Ipa Kelas V SDN 30 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).
- Ivanda, F. R. (2022). Penerapan Media Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Pada Mata Pelajaran di SMPN 2 Panji Situbondo . Skripsi: UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq.
- Kopri. (2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Kusnadi , E., Martini, E., & Nugraha, G. N. (2017). Konstruk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 157-158.
- Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 1-6.
- Nahdiyah, D., Hadi, M. N., & Sholekhudin, A. (2024). Inovasi E-Modul Berbasis Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Durensewu Pandaan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2) 170.
- Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Journal of Social Science Education, 2 (2) 140.
- Permadi, A. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Video Conference Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
- Permana, S. P., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839.
- Persada, A. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matermatika Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis website. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1) 62-76.
- Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5) 456.
- Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam negeri Sumatera Utara.
- Rosmana , P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2023). Penggunaan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernafasan pada Hewan kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2) 1965-1973.
- Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis Metode, dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group 47.
- Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
- Sekaringtyas, T. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Sukatani IV. Jurnal Pendidikan dasar , 8(2) 159-171.
- Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru.
- Sugiyono. (2019). In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Uno, B. H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
- Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785-793.
- Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
- Zalillah , D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. MANAZHIM , 4(2) 491-504.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.