Analisis Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Sikap Religius Siswa Sekolah Dasar

Mutiara Rahma* -  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Muhlasin Amrullah -  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i1.9432

Observasi ini bermaksud guna menganilis penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) terhadap sikap religius siswa sekolah dasar. P5 mendorongpeserta didik guna mengetahui serta mengamalkan kaidah-kaidah agama secara lebih baik. P5 juga membantu siswa untuk mengembangkan karakter religius seperti disiplin, tanggung jawab, dan toleransi.Kesimpulan penelitian ini adalah P5 merupakan program yang efektif untuk meningkatkan sikap religius siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan agar P5 terus diterapkan serta ditingkatkanpada sekolah-sekolah dasar di Indonesia. Observasi ini mengeksplorasi implementasi proyek P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SD Muhammadiyah 1 Krian serta dampaknya terhadap pengembangan sikap religius siswa melalui pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara, ditemukan bahwa kegiatan P5 telah berhasil menginternalisasi kaidah Pancasila pada sikap serta tindakan lingkungan peserta didik. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya integrasi kaidah-kaidah Pancasila serta ajaran agama pada pendidikan formal untuk membentuk karakter dan sikap religius yang kuat pada generasi muda.

Keywords
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sikap Religius, Siswa Sekolah Dasar.
  1. Anas, M. A. (2019). PEMBINAAN KARAKTER PEMUDA MUSLIM PADA ORGANISASI MASYARAKAT ORANG INDONESIA ( Oi ) JEMBER SKRIPSI diajukan kepada Institut Agama Islam Negeri Jember untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Is. http://digilib.uinkhas.ac.id/19172/1/Moh. Azwar Anas_084 131 291.pdf
  2. Aprilia, N. F., A’yun, Q., & Nasrulloh, M. E. (2023). Penerapan Dimensi Beriman, Bertaqwa Dan Berakhlak Mulia Dalam Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Smp Islam As–Shoddiq Malang. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(7), 13–24. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/21323
  3. Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
  4. Difa, Z. (2020). Korelasi Antara Perintah Taqwa Dan Mencari Wasilah Dalam Al-Qur’an. 1–23. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57022
  5. Hamdi, Rizal, S. U., & Hikmah, N. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Nuansa Islami Salat Duha Di Sekolah Dasar. 2, 114–122. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/1197/600
  6. Hasan muhammad, E. a. (2021). Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_PENDIDIKAN_INDONESIA_ARAH_BARU
  7. Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845
  8. Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
  9. Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
  10. Jannah, A. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di Sekolah Penggerak. 01, 328–331. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1191
  11. Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
  12. Kemendikbudristek. (2022a). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/V.2-Dimensi-elemen-subelemen-Profil-Pelajar-Pancasila-pada-Kurikulum-Merdeka.pdf#:~:text=Berdasarkan pertimbangan tersebut%2C profil pelajar,kritis%2C dan 6) kreatif.
  13. Kemendikbudristek. (2022b). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Dimensi_PPP.pdf
  14. Kholifatunauroh, Damanhuri, & Ilmiah, W. (2023). Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Religius Di SMPN 1 Karangtanjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 232–241. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12682
  15. Ningtyas, R. K. (2021). KONSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PROFIL PELAJAR PANCASILA. Journal Information, 2(30), 1–8. http://repository.upi.edu/70127/2/T_PD_1906790_Chapter 1.pdf
  16. Novitasari, S., & Najicha, F. U. (2023). PERAN PANCASILA dan BHINNEKA TUNGGAL IKA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL dan KARAKTER BANGSA. June, 5–5. https://www.researchgate.net/profile/Sinta-Novitasari/publication/371856621_PERAN_PANCASILA_dan_BHINNEKA_TUNGGAL_IKA_SEBAGAI_IDENTITAS_NASIONAL_dan_KARAKTER_BANGSA/links/649937ebb9ed6874a5db66a3/PERAN-PANCASILA-dan-BHINNEKA-TUNGGAL-IKA-SEBAGAI-IDENTITAS-N
  17. Putri, ragil dian purnama, & Siregar, veni veronica. (2021). Urgensi Menanamkan Akhlak pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 39–50. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-04
  18. Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
  19. Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
  20. Subadi, T. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. 282. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9298/5. Metode Penel. Kualitatif.pdf?sequence=1
  21. Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
  22. Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral K

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-05-31
Published: 2024-06-20
Section: Artikel
Article Statistics: