Penerapan Model Project Based Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabaya

Lia Novitasari* -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Listyaningsih Listyaningsih -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Kristiwi Estuningsih -  SMA Negeri 21 Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i2.9304

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar. Dalam hal ini, solusi yang dapat diberikan adalah dengan menerapkan model project based learning kepada siswa agar dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan unntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (projectbased learning). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabaya semester dua tahunpelajaran2023/2024 dengan jumlah siswa 35 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan wawancara, observasi, dan tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi serta soal tes tertulis. Teknik analisis data yang menggunakan cara kuantitatif deskrptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa selama dilakukan penelitian yang ditunjukan dengan data kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dan siklus II. Data hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 37,15% (13 siswa) tuntasdan mengalami peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebesar  85,71% (30 siswa) tuntas.Sehingga kesimpulannya, keterampilan berpikir siswa kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabayameningkat setelah dilakukan dengan penerapan model project based learning.

Supplement Files

Keywords
Berpikir Kritis, Project Based Learning, Pendidikan Pancasila
  1. Amir, A. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Di Kelas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanuli Selatan). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 41. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1663
  2. Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i–xiii.
  3. Badrul, M., Budihartanti, C., Dewi, Y. N., & Septiana, L. (2022). Pelatihan Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik TKQ/TPQ Tanjung Priok. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 2(2), 109–114.
  4. BUKOTING, S. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82.
  5. Cicilia, I., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 01(03), 146–155.
  6. Febriani, F. (2023). Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswapada Sekolah Penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
  7. Fitriani, S. E., Sari, M. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Budaya Di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 4, 9(04), 155–162. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1760
  8. Ginting, M. A. B. (2023). Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar (Literature Review). Seminar Nasional Lppm Ummat, 2(0), 310–325. https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/14197
  9. Hasim, R., & Abdullah, O. M. T. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perwujudan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Halmahera Barat (Studi Kasus Desa Matui Kecamatan Jailolo). Jurnal Geocivic, 3(2), 58–72.
  10. Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
  11. Imamudin, Fahmi, R., Tabrani, M. B., & Setiawardani, W. (2024). Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Pendidikan pada Era Society 5 . 0. AJIE -Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 08(01), 8–17.
  12. Julisa, T. C., Legiani, W. H., & Juwandi, R. (2023). Pengembangan Kompetensi Abad 21 melalui Bahan Ajar Digital pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 234–246. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7187
  13. Junita, E. R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Membentuk Sikap Sosial SiswaPendidikan Agama Islam di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup.
  14. Kartika, I. M., Angga Mahendra, P. R., & Awa, V. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Locus Delicti, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jld.v1i1.359
  15. Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
  16. Koroh, T. R., & Ly, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 126. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2445
  17. Kurniawan, M. W., & Zarnita, Y. (2020). Pembelajaran daring dalam pendidikan profesi guru: Dampak dan kendala yang dihadapi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.12440
  18. Laela, I. N., Badarudin, B., & Prasetianingtyas, K. I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pancasila Dalam Kehidupan Di Kelas V Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(2), 166. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.19521
  19. Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
  20. Lestari, V. A., & Iryanti, S. S. (2024). Abad 21: Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PAI melalui Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6155–6165. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13336
  21. Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
  22. Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
  23. Nababan, D., Marpaung, A., & Koresy, A. (2023). Project Based Learning Strategy (Pjbl). Journal of Social Education and Humanities, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
  24. Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
  25. Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/29
  26. Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
  27. Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
  28. Ripai, I., & Ropiah, O. (2023). Media Pembelajaran Digital Berbasis Prezi pada Matakuliah E Commerce terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 130–141. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6205
  29. Rismawati, R. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv (Kuasi eksperimen kuantitatif di SD Negeri 2 Langensari kelas IV Kec. Lembang Kab. Bandung Barat). Doctoral dissertation, FKIP UNPAS.
  30. Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4758
  31. Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74
  32. Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
  33. Shodiqoh, M., & Mansyur, M. (2022). Reaktualisasi Project Based Learning Model Dalam Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Arab. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(03), 144–155. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i03.134
  34. Suharyati, T., & Arga, H. S. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 2(1), 45–53. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037
  35. Suharyati, T., & Putu Arga, H. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037
  36. Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
  37. Sukmayadia, T., Maarifa, M., Fitria, H. R., & Dewi, A. K. (2024). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Literasi Kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2). https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
  38. Susanto, A. M., Epriliyana, N. N., & Utama, H. H. (2024). Implementation of Learning Innovations in Society 5.0 to Stimulate Creative Thinking Skills at Higher Education. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 25–36. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8282
  39. Turiyah, T. (2023). Analisis Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 106. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71063
  40. Wijaya, W., Wusqo, U., Muttaqin, Z., Sumiati, Zohriah, & Rohana. (2023). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model Project Based Learning. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.14640
  41. Winanda, Z., Zainil, M., & Pusra, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Di Kelas V SD Negeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3284–3297. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1385
  42. Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.17467/jdi.v4i2.692
  43. Yulianti, H., Pradipta, H., & Zulfiati, H. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Ajaran Tri Nga Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menguatkan Kepedulian Peserta Didik Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2). https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1430
  44. Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365

Full Text: Supp. File(s):
Penerapan Model Project Based Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabaya
Subject
Type Research Instrument
  Download (118KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-05-20
Published: 2024-07-30
Section: Artikel
Article Statistics: