Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 terhadap Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Mohammad Hilfi Azra Dzikrulloh* -  Universitas Muria Kudus, Indonesia
Wawan Shokib Rondli -  Universitas Muria Kudus, Indonesia
Agus Darmuki -  Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i2.9274

Kemampuan bernalar kritis harus benar-benar menjadi perhatian khusus karena merupakan unsur yang sangat penting bagi pelajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran abad 21 terhadap kemampuan bernalar kritis dan (2) mendeskripsikan model pembelajaran abad 21 yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis. Metode penulisan yang digunakan dalam artikel ini adalah meta analisis terhadap 10 artikel hasil penelitian yang terpublikasi pada google scholar terindeks sinta dan scopus. Teknik pengumpulan data menggunakan protokol PRISMA ((Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses) yang dikumpulkan pada tanggal 15 – 26 April 2024. Berdasarkan hasil analisis effect size secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 1,418 yang dikategorikan dalam efek sangat besar. Adapun nilai effect size ditinjau berdasarkan jenis model pembelajarannya menunjukkan nilai paling besar pada model PjBL sebesar yang dikategorikan dalam efek sangat besar. Secara keseluruhan, besarnya nilai mean effect size menunjukkan penerapan model pembelajaran abad 21 atau nonkonvensional terutama model PjBL efektif dalam memberikan kontribusi yang baik terhadap kemampuan bernalar kritis siswa sehingga dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Keywords
Model pembelajaran abad 21; Profil Pelajar Pancasila; bernalar kritis; ilmu pengetahuan alam (IPA)
  1. Abdullah, R. . (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Ahn, E., & Kang, H. (2018). Introduction to systematic review and meta-analysis. Korean Journal of Anesthesiology, 71(2), 103–112. https://doi.org/10.4097/kjae.2018.71.2.103
  3. Andriani, W. (2022). Reaktualisasi Kurikulum pada Abad Ke-21. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 72–77. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4523
  4. Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90
  5. Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
  6. Ardhiya, A., Audina, R., Ramadani, K. L., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., & Author, C. (2022). Peran Konselor Dalam Mewujudkan Berkualitas Menuju Sdgs 2030. Proseding IOIGC, 2(1), 176–187.
  7. Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 79–91. https://doi.org/10.24269/dpp.v9i2.3607
  8. Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
  9. Awan, A., Rachman, G., Laurens, T., & Sanders, R. (2024). PENERAPAN DAN TANTANGAN DIMENSI BERNALAR KRITIS DAN KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN SAINS IPA. ATOM: Jurnal Riset Mahasiswa, 2(1), 23–29.
  10. Az-Zahra, R., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2021). Metacognitive, Critical Thinking, and Concept Understanding of Motion Systems: A Correlational Study. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 14(2), 156. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v14i2.52972
  11. Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science , technology , engineering , and mathematics ( STEM ) subjects on students ’ learning : A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education, 12(5), 23–38.
  12. Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. Academic Press.
  13. Darmawati, N. W. S. (2022). Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia Berbasis Flipped Classroom pada Era Digital dengan Pemanfaatan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 168–177.
  14. Devi, M. Y., Desyandri, & Murni, I. (2022). Pendidikan dan Pendidikan Dasar, Kajian Ontology, Epistimologi,dan Aksiologi Serta Perannya di Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 10798–10802.
  15. Dewi, N. P. F. V., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Siswa. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 207–217. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2393
  16. Eli Handayanti, Ferina Agustini, & Choirul Huda. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sdn Pandeanlamper 05 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 129–140. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1522
  17. Fadillah, S., Ramadhani, E., & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. Wahana Didakita: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 433–440. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7244
  18. Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
  19. Fauzan, & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kencana.
  20. Fitria, T., & Tahrun. (2021). Improving Students’ Critical Thinking Skills through Project-Based Learning (PBL) in General English for Pre Intermediate 4 Class in LB LIA Palembang: A Classroom Action Research. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4907–4910.
  21. Glass, G. V., McGaw, B., & Smith, M. L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. SAGE Publication.
  22. Hasmi, I. N., Faturrahman, M., Jupri, J., & Syahriana, I. (2022). ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA ELEMEN BERNALAR KRITIS DALAM MATA PELAJARAN IPAS PADA KELAS IV-A SD NEGERI 007 SUNGAI PINANG. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021, 105–111.
  23. Hemas, M. D. A., Wedhanti, N. K., & Juniarta, P. A. K. (2021). Analysis of Higher Order Thinking Skills in English Lesson Plans. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(2), 68–73. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.36999
  24. Hutama, W. H., & Suparji. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dpib. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(2).
  25. Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
  26. Kemendikbudristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  27. Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A - Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
  28. Kemendikbudristek. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018#:~:text=Jakarta%2C 5 Desember 2023 --- Kementerian Pendidikan%2C,5 sampai 6 posisi dibanding PISA 2018.
  29. Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 172–180. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100
  30. Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
  31. Komala, E., Chandra, E., & Ubaidillah, M. (2021). Meta-Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(3), 187. https://doi.org/10.17977/um052v12i3p187-201
  32. Kyndt, E., Raes, E., Lismont, B., Timmers, F., Cascallar, E., & Dochy, F. (2013). A meta-analysis of the effects of face-to-face cooperative learning. Do recent studies falsify or verify earlier findings? Educational Research Review, 10, 133–149. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2013.02.002
  33. Mabruroh, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.879
  34. Magdalena, M. (2018). KESENJANGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN CONVENTIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PANCASILA DI PROGRAM STUDI TEKNIKA AKADEMI MARITIM INDONESIA 2 MEDAN. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 58.
  35. Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–39.
  36. Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
  37. Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., Antes, G., Atkins, D., Barbour, V., Barrowman, N., Berlin, J. A., Clark, J., Clarke, M., Cook, D., D’Amico, R., Deeks, J. J., Devereaux, P. J., Dickersin, K., Egger, M., Ernst, E., Gøtzsche, P. C., … Tugwell, P. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLoS Medicine, 6(7). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097
  38. Morris, S. B. (2008). Estimating Effect Sizes from Pretest-Posttest-Control Group Designs. Organizational Research Methods, 11(2), 364–386. https://doi.org/10.1177/1094428106291059
  39. Mudana, I. K., Suma, K., & Widiana, I. W. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Difasilitasi Peta Konsep Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 183–197. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61028
  40. Nabilah, N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd
  41. Nadiroh, S. M., Purbasari, I., & Ermawati, D. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi di SDN 1 Brantaksekarjati. Journal on Education, 5(3), 8602–8609. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1651
  42. Nirzam, M., & Ramadhan, P. (2023). The Role of SDG 4: Quality Education on the Internationalization of Indonesia’s Education. Hasanuddin Journal of Strategic and International Studies (HJSIS), 1(2), 39–51. https://doi.org/10.20956/hjsis.v1i2.27442
  43. Palihah, A., & Andriany, L. (2024). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Abad 21 Di SMAN 2 Medan. Cakrawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(2), 84–90. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Cakrawala/article/download/2427/1953/7217
  44. Paramita A, N. L. P. A., Suastra, I. W., & Margunayasa, I. G. (2023). Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Ipa. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 354–364. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2644
  45. Pujiani, N. . N., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18381
  46. Puspitasari, R., Basori, M., & Aka, K. A. (2022). Studi Kasus Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Kelas Tinggi SDN 3 Tanjungtani Pada Saat Menyampaikan Argumennya Di Kelas dan Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 325–335. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.738
  47. Putri, N. K. I. P., Murda, N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Questions Card Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 46. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20492
  48. Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
  49. Regional Educational Laboratory. (2021). Effect Size Basics: Understanding the Strength of a Program’s Impact. Evidence Use in Education, November. https://ies.ed.gov/ncee/edlabs/regions/west/
  50. Rinesti, N., Suarni, N. ., & Margunayasa, I. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Sad Kertih Loka Bali Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 241–250. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2492
  51. Roni, A., Sulistri, E., & Fitriyadi, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Mystery Box terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas V. Jurnal Basicedu, 8(1), 110–118.
  52. Rulandari, N. (2021). Study of Sustainable Development Goals (SDGS) Quality Education in Indonesia in the First Three Years. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2702–2708. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1978
  53. Sabarudin, S. (2018). Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan, 04(01), 1–18. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/69
  54. Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611
  55. Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4758
  56. Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 8(1), 24–28.
  57. Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.
  58. Sobron, Bayu, Rani, & S, M. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117
  59. Sullivan, G. M., & Feinn, R. (2012). Using Effect Size—or Why the P Value Is Not Enough . Journal of Graduate Medical Education, 4(3), 279–282. https://doi.org/10.4300/jgme-d-12-00156.1
  60. Suradika, A., Dewi, H. I., & Nasution, M. I. (2023). Project-Based Learning and Problem-Based Learning Models in Critical and Creative Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 153–167. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.39713
  61. Walsiyam. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 966–978.
  62. Widodo, R. B., Sumianto, S., Alim, M. L., Ananda, R., & Surya, Y. F. (2024). Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di UPT SDN 010 Siabu. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 37–53. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8524
  63. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. 1, 263–278.
  64. Zubaidah, S. (2010). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia.”

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-05-15
Published: 2024-07-30
Section: Artikel
Article Statistics: