Analisis Efektivitas Media Realia Pada Konsentrasi Belajar Peserta Didik Down syndrome
DOI : 10.24269/dpp.v12i0.9138
Media realia sebagai alat untuk memaksimalkan rentan perhatian atau konsentrasi belajar peserta didik down syndrome. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas media realia terhadap konsentrasi belajar peserta didik down syndrome. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif jenis fenomenologis. Subjek peneliti dipilih dengan cara purposive sampling. Subjek terdiri dari 2 peserta didik down syndrome kelas III di SLB Mutiara Hati Sidoarjo dan 1 guru. Analisis data memakai analisis deskriptif yaitu dengan membandingkan temuan-temuan dilapangan serta data yang sudah diperoleh (data sebelum menggunakan media realia) dengan (data sesudah menggunakan media realia). hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan atau diimplementasikan media realia oleh guru peserta didik masih belum konsentrasi, serta masih belum mampu menjawab pertanyaan ataupun tugas yang guru berikan. Sedangkan pada saat guru mengimplementasikan media realia pada saat pembelajaran berlangsung, peserta didik menyimak dengan penuh konsentrasi, peserta didik menjadi aktif dan perasaan ingin tau mereka yang tinggi pada saat pembelajaran berlangsung, dan peserta didik dapat menjawab beberapa pertanyaan maupun tugas yang diberikan. Melalui penelitian ini bisa disimpulkan bahwa media realia sangat efektif dalam mengoptimalkan konsentrasi belajar peserta didik down syndrome.
Supplement Files
Keywords
Media Realia, Konsentrasi Belajar, Down Syndrome
- Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme.
- Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.
- Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TEMBONG 2. Holistika Jurnal Ilmiah Pgsd,7(1), 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/14653
- Apriyansyah, C. (2018). PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA. Jurnal Audi, 3(1), 13. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2069
- Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
- Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 772–783. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.810 Copyright
- Hasanah, L. (2018). PENGGUNAAN REAL OBJECT DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 13–20. https://staibanisaleh.ac.id/ojs/index.php/ElBanar/article/view/9
- Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN ANAK
- BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
- Masnunah, M. (2018). MEDIA REALIA DAN MEDIA MAYA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD. Wahana Sekolah Dasar, 26(2), 51–55. https://doi.org/10.17977/um035v26i22018p051
- Metavia, H. M., & Widyana, R. (2022). Pengaruh Down syndrome terhadap Perkembangan Akademik Anak di Indonesia. Jurnal Wacana Kesehatan, 7(2), 54. https://doi.org/10.52822/jwk.v7i1.403
- Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
- Nurrita. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03(1), 171–187.
- Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
- Rai, N., & Thapa, B. (2019). A study on purposive sampling method in research. Kathmandu:Kathmandu School of Law, 1–12. http://stattrek.com/survey-research/sampling- methods.aspx?Tutorial=AP,%0Ahttp://www.academia.edu/28087388
- S, isran rasyid karo-karo, & rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM, VII(1), 91– 96.
- Setyani, M. R., & Ismah. (2018). ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR. Pendidikan Matematika, 01, 73– 84.
- Sihotang, E. V., Nainggolan, I. S., Herlina, E. S., Prodi, M., Dosen, P., & Tarutung, I. (2023). Motivasi Tenaga Pendidik dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(2).
- Supriyono. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.
- wahyuningtyas, rizki, & sulasmono, bambang suteng. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
- Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13.
- Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–2096. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Full Text:
Supp. File(s):
Analisis Efektivitas Media Realia Pada Konsentrasi Belajar Peserta Didik Down Syndrome
Subject | |
Type | Research Results |
Download (271KB) Indexing metadata |