Analisis Respon Mahasiswa S1 PGMI Terhadap Penugasan Menulis Artikel Ilmiah Pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Dasar Islam
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8338Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan respon mahasiswa terhadap penugasan menulis artikel ilmiah pada mata kuliah Ilmu pendidikan Dasar Islam.  Penulisan artikel ilmiah dalam pendidikan sangat penting sebagai upaya untuk memajukan pendidikan nasional dan menemukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survei. Sampel pada penelitian ini sebanyak tiga kelas dengan total 103 mahasiswa pada semester dua program studi PGMI tahun akademik 2022/2023. Instrumennya adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan skor akhir rata-rata respon mahasiswa pada kategori cukup yaitu 75.18% pada aspek penguasaan materi kuliah dan 75.92% pada aspek penugasan menulis artikel. Hal ini dapat dilihat pada sikap mahasiswa diantaranya: mahasiswa mampu mencari referensi dari berbagai sumber, bertanya kepada dosen atau teman ketika ada yang tidak dipahami, rasa percaya diri dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel, dan adanya kerjasama yang baik antar anggota kelompok.
References
Akhir, M. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0†Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Azan, K., & Nizamuddin, N. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Panduan Praktis Untuk Guru, Dosen dan Mahasiswa (1 ed.). DOTPLUS Publisher.
Bratko, M., & Khoruzha, L. (2021). Expert-led research on the educational environment of a higher education institution: Findings and analysis. Ukrainian Journal of Educational Studies and Information Technology, 9(4).
Damayanti, W. (2022). The Effectiveness of the Copy Task Technique Model Method in Learning Scientific Article Writing Knowledge for Freshmen. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1.
Damopolii, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 68–81.
Djaali, D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (1 ed.). Bumi Aksara.
Donnelly, R. (2014). Supporting Lecturers in the Disciplines in the Affective Academic Writing Process. Journal of Academic Writing: Dublin Institute of Technology, Ireland, 26–39. https://doi.org/10.18552/joaw.v4i1.103
Faizin, M., Nur Khamalia, N. A., Zuhroh, N. E., & Pitaloka, A. F. (2022). Efektivitas Metode Resitasi Dalam Konsep Pendidikan Islam Perspektif Peserta Didik Abad 21. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 178–184.
Fajri, M., & Bunnayah, S. (2020). Demonstrasi Dan Dan Tri Dharma Perguruan Tinggi; Jalan Pengabdian Di Bawah Tekanan Dan Politisasi. Tathwir: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 1.
Gulo, E. (2021). Inovasi IPTEK dan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi yang Modern, Kompeten, dan Berintegritas. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7 (2). https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.736
Hidayah, N. (2018). Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Calon Pendidik Profesional. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 116. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2936
Iftanti, E. (2016). Improving Students’ Writing Skills Through Writing Journal Articles. Lingua Scientia, 8(1).
Ikhwan, A. (2020). Metode Penelitian Dasar: Mengenal Model Penelitian dan Sistematikanya. STAI Muhammadiyah Tulungagung.
Kemenkunham. (2012). UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Maemonah, M., & Nafi’ah, S. A. (2018). CONTEXTUAL LEARNING FOR BASIC EDUCATION: THE HISTORY AND PHILOSOPHY. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-04
Michiels, P., Kessler, K., & Rogers, P. (2023). Paraphrase Patterns of Expert Academic Writers: Implications for Writing Development, Writing Pedagogy, and Plagiarism Policies. Literatura y LingüÃstica, 46, 153–189. https://doi.org/10.29344/0717621X.46.3133
Morissan M., A. (2014). Metode Penelitian Survei (2 ed.). Kencana.
Pebriyenni, P. (2017). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Memperkuat Karakter Bangsa. Jurnal PPKn & Hukum, 12(2).
Prasetyo, E. (2015). Ternyata Penelitian Itu Mudah (Panduan Melaksanakan Penelitian Bidang Pendidikan) (1 ed.). Edunomi.
Purwantiningsih, E. B. (2017). Strategi Pendidikan Dalam Menghadapi Transmisi Waktu. Seminar Nasional Pendidikan; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 156.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Septafi, G. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2019. Educational Technology Journal, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p1-16
Sopiansyah, D., & Masruroh, S. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alpha Beta.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 13–28.
Suteja, J. (2017). Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Kkni Di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke Arah Student Centered Learning). Jurnal Edueksos, 6(1).
Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1).
Torrance, P., Ball, O., & Safter, H. T. (1992). Torrance test of creative thinking. Streamlined scoring guide figural A and B. , Inc. 4p.
Werdiningsih, D., Sunismi, S., & Wahyuni, S. (2021). Pembelajaran Aktif dengan Case Method (1 ed.). CV Literasi Nusantara Abadi.
Wicaksono, L., Linarsih, A., & Putri, A. (2023). Identifikasi Permasalahan Akademik Pada Mahasiswa FKIP - UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(1), 126. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i1.50683
Zaini, M. (2021). Urgensi Penelitian Pengembangan Dalam Menggali Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA: UNILAM.
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.