Membangun Dimensi Bernalar Kritis Sebagai Landasan Pendidikan Dalam Proyek Kolaboratif Studi Alam di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak
DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8331
Siswa akan lebih menginterpretasikan konsep materi, mengembangkan kemampuan dan belajar secara kontekstual melalui belajar di alam terbuka. Penelitian ini a menggali akibat pendekatan P5 dan implementasi proyek kolaboratif studi alam di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendekatan ini telah membantu siswa menggali potensi mereka, memahami nilai-nilai Pancasila sebagai landasan pendidikan serta mempersiapkan siswa untuk peran sosial dan profesi yang lebih baik di masa depan. Subjek penelitian observasi langsung dan penyebaran kuesioner yang diberikan pada siswa XII IPA. Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Keterampilan berpikir kritis diperoleh pada Studi Alam menjadi pondasi yang penting dalam pembentukan karakter dan kesiapan siswa menghadapi kehidupan sehari-hari. Ini juga menunjukkan keseriusan dalam mengintegrasikan pemahaman tentang alam dengan enam dimensi pembentuk profil pelajar Pancasila, menegaskan pentingnya pendidikan yang holistik yang bukan saja berpusat pengetahuan akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Kegiatan studi alam dinilai dapat membangun dimensi bernalar kritis sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan sejalan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penerimaan positif ini menunjukkan bahwa proyek kolaboratif Studi Alam telah berhasil dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan serta membangun dimensi bernalar kritis pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.
- Alimah, S. (2014). Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1), 47–54.
- Avianty, Donna., Tobing, Mellina, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek t erhadap Kemampuan “ 4 C ” Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28(April), 78–84.
- Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Traditions. London: Sage Publications
- Fitri, A. S., & Fitriana, Y. A. N. (2020). Analisis Senyawa Kimia pada Karbohidrat. Sainteks, 17(1), 45. https://doi.org/10.30595/sainteks.v17i1.8536
- Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
- Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
- Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 172–180. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
- Kimball, J. W.,1993. Biologi umum. Jakarta: Erlangga.
- Miarti, A., & Legasari, L. (2022). KETIDAKPASTIAN PENGUKURAN ANALISA KADAR BIURET, KADAR NITROGEN, DAN KADAR OIL PADA PUPUK UREA DI LABORATORIUM KONTROL PRODUKSI PT PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 861–874.
- Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
- Purnama, Candra, R., Retnaningsih, A., & Aprianti, I. (2019). PERBANDINGAN KADAR PROTEIN SUSU CAIR UHT FULL CREAM PADA PENYIMPANAN SUHU KAMAR DAN SUHU LEMARI PENDINGIN DENGAN VARIASI LAMA PENYIMPANAN DENGAN METODE KJELDHAL. Jurnal Analisis Farmasi, 4(1), 50–58.
- Rina Rahayu, & Riva Ismawati. (2022). Efektifitas Online Project Based Learning Berbasis Ethnosains Pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Selama Pandemi. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1065–1071. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.738
- Rizaludin, A., Melina, M., & Kusumaningtyas, Adimurti, V. (2020). The Effect of LED Light Radiation on Photosynthesis Process Using Ingenhousz Experiment. Jurnal Kartika Kimia, 3(2), 77–80. https://doi.org/10.26874/jkk.v3i2.61
- Satria. R. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA
- Sari, Novita, H, D., MAHFUD, H., & Saputri, Y, D. (2021). Kemampuan berpikir kritis materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran peserta didik kelas IV sekolah dasar. 449.
- Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung .
- Suminar, D. Y. (2022). Penerapan video interaktif alur merrdeka untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis di SMAN 10 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1), 32–39. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/55057/75676593326


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.