Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital
DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8281
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital, yang ditinjau dari keterampilan, pemahaman, konsep dan pendekatan guru terhadap media digital dan penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan bersama responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduction, data display, dan conclusion drawing. Keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SDN 03 Bengkayang menunjukan bahwa pemahaman guru terhadap teknologi digital masih tergolong kurang mahir khususnya dalam menggunakan perangkat digital dan aplikasi digital. Dalam kegiatan pembelajaran para guru masih menggunakan media konvensional, belum mengimplementasikan media pembelajaran berbasis digital. Hal ini karena kemampuan, pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan perangkat dang aplikasi digital masih kurang.
Supplement Files
- Akarawang, C., Kidrakran, P., & Nuangchalerm, P. (2015). Enhancing ICT competency for teachers in the Thailand basic education system. International Education Studies, 8(6), 1–8. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p1
- Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
- Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik Di Era Millennial. Transformatif, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251
- Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Diplan. (2019). Tentang Pendidikan Di Era Digital. Tantangan Pendidik Di Era Digital, 14(2), 1689–1699.
- Dwyer, A., Jones, C., & Rosas, L. (2019). What digital technology do early childhood educators use and what digital resources do they seek?. Australasian Journal of Early Childhood, 44(1), 91-105. https://doi.org/10.1177/1836939119841459
- Ellahi, R. M., Ali Khan, M. U., & Shah, A. (2019). Redesigning curriculum in line with industry 4.0. Procedia Computer Science, 151(2018), 699–708. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.04.093
- Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759-3770.
- Jafar, D. S. A., Saud, M. S., Hamid, M. Z. A., Suhairom, N., Hisham, M. H. M., & Zaid, Y. H. (2020). TVET teacher professional competency framework in industry 4.0 era. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 1969–1979. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080534
- Kemenperin RI. (2019). Making Indonesia. In Making Indonesia. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://doi.org/10.7591/9781501719370
- Lase, D. (2019). Education in the fourth industrial revolution age. Sundermann Journal, 1(1), 28-43.
- Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137– 142. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
- Lindfors, M., Pettersson, F., & Olofsson, A. D. (2021). Conditions for professional digital competence: the teacher educators' view. Education Inquiry, 12(4), 1-20. https://doi.org/10.1080/20004508.2021.1890936
- Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
- Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal studi guru dan pembelajaran, 3(2), 289-295.
- Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
- Nikolopoulou, K., & Gialamas, V. (2015). ICT and play in preschool: early childhood teachers' beliefs and confidence. International Journal of Early Years Education, 23(4), 409-425. https://doi.org/10.1080/09669760.2015.1078727
- Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan.Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.
- Paramansyah, H. A., & SE, M. (2020). Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Arman Paramansyah.
- Rahman, M. H., Subyantoro, S., Yuniawan, T., & Pristiwati, R. (2021). Peningkatan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNS, 312–318.
- Syahid, A. A. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4600-4611.
- Simanjuntak, M. M. (2022). Analisis Urgensi Penggunaan Literasi Digital dalam Pelaksanaan Pendidikan pada Masa Pandemi di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2), 2599–2608.
- Silvester, S., Purnasari, P. D., Aurelly, B. T., & Gunawan, R. (2022). Analisis Kemampuan Guru Penggerak Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan Dalam Perspektif Literasi Teknologi Digital. Sebatik, 26(2), 412-419.
- Tretinjak, M. F., & Anđelić, V. (2016, May). Digital competences for teachers: Classroom practice. In 2016 39th International Convention on Information and Communication Technology, Electronics and Microelectronics (MIPRO) (pp. 807-811). IEEE.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Subject | |
Type | Research Instrument |
Download (120KB) Indexing metadata |