Hakikat Belajar dalam Perspektif Anwar Muhammad al-Syarqawi
DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8208
kajian ini bertujuan untuk membahas hakikat belajar dalam perspektif Anwar Muhammad al-Syarqawi. Belajar suatu proses perubahan semi-permanen dalam prilaku individu yang tidak bisa diamati secara langsung, tetapi dapat disimpulkan dari prilaku individu yang tampak setelah belajar itu sendiri. Ada beberapa persamaan dan perbedaan terkait hakikat belajar yang ditawarkan oleh Anwar Muhamma d al-Syarqawi dengan tokoh-tokoh yang lain. Persamaannya yaitu; (a) Belajar yaitu suatu proses yang mengakibatkan perubahan yang terjadi terhadap perilaku individu, (b) Belajar itu merupakan proses penyaluran ilmu terhadap individu yang dilakukan dalam keadaan sadar. Adapun perbedaannya yaitu; (a) Menurut Anwar Muhammad al-Syarqawi belajar itu merupakan proses perubahan yang terjadi terhadap individu yang tidak bisa diamati secara langsung, Sedangkan tokoh-tokoh yang lain mendefinisikan sebaliknya bahwasanya belajar sendiri yaitu suatu proses perubahan yang terjadi terhadap individu yang bisa diamati secara langsung oleh orang lain.
- Bambang Warsita. (2008). Teori belajar robert m. gagne dan implikasinya pada pentingnya pusat sumber belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 64–78. file:///C:/Users/Acer/Downloads/puteri,+1_p064-078.pdf
- Concept, T., According, K., & Ahmad, S. S. (2016). Konsep Ilmu menurut Perspektif Syed Sheikh Ahmad al-Hadi The Concept of Knowledge According to the Perspective of Syed Sheikh Ahmad al-Hadi. Jurnal Islamiyyat, 38(2), 93–102. https://core.ac.uk/download/pdf/96113663.pdf
- Hanafy, S., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J., Nomor, A., & Email, S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. LENTERA PENDIDIKAN, 17(1), 66–79. file:///C:/Users/Acer/Downloads/516-Article Text-924-1-10-20150624 (1).pdf
- Hartono, U., Amarullah, R. Q., Mulyadi, E., & Sisdiknas, D. U. (2023). Hakikat Belajar Menurut UNESCO Serta Relevansinya Pada Saat Ini Ujang. Journal of Islamic Studies, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i2.53
- Moh. Nawafil. (2020). Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran yang Membebaskan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 215–225. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193
- Muhammad Darwis Dasopang. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=BELAJAR+DAN+PEMBELAJARAN+Aprida+Pane+Muhammad+Darwis+Dasopang&btnG=
- Muhammad Rijal Fadli. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika, 21(1), 33. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
- Silviana Nur Faizah. (2017). HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal At-Thullab, 1(2), 175–185. file:///C:/Users/Acer/Downloads/85-155-1-SM (1).pdf
- Sutrisno. (2016). BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN NILAI DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 29–37. http://litabmas.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/56
- Thoriq Aziz Jayana, A. M. (2021). KONSEP BELAJAR DALAM PERSPEKTIF ANWAR MUHAMMAD AL-SYARQAWI DAN ALBERT BANDURA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Jurnal AL MURABBI, 7(1), 31–44. file:///C:/Users/Acer/Downloads/2716-File Utama Naskah-9169-1-10-20220119 (1).pdf
- Udin S.Winataputra. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Modul, 4(1), 1–46. https://core.ac.uk/download/pdf/198233125.pdf


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.