Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Interaksi Sosial dengan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8200Abstract
Kemampuan berbicara merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Hal yang mendukung seorang siswa memiliki kemampuan berbicara yang bagus yaitu penguasaan kosakata dan interaksi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara, mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan kemampuan berbicara dan mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara siswa kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam semester gasal tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis korelasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling . Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Terdapat hubungan antara penguasaan kosakata dengan kempuan berbicara siswa (2) Terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan kemampuan berbicara siswa (3) Terdapat hubungan antara penguasaan kosakata dan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara. Berdasarkan hal tersebut terjadi hubungan antara penguasaan pemahaman dan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara siswa kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam.
References
Agistiawati, E. (2020). PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA BALARAJA.
Amelia, O., Hakiu, N., Buhungo, R. A., Fitk, P., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2020). EDUCATOR : Directory of. Elementary Education Journal ISSN (Online, 1(1), 2746–4253. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Arsi, A. (2021). LANGKAH-LANGKAH UJI VALIDITAS REALIBILITAS INSTRUMEN DENGAN MENGGUNAKAN SPSS Dosen Pembimbing :Herianto 2 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, Indonesia Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, Indonesia.
Azis, F., & Mukramin, un. (2021). Equlibrium : Jurnal Pendidikan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar). 1. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Beta, P. (2019). CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. https://e-journal.my.id/cjpe
Brigjen Hasan Basri, J. H., Tangi Kec Banjarmasin Utara Kode Pos, K., Pos, K., Selatan Indonesia, K., Safitri, A., Rachman, A., Cheseda Makaria, E., & Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, U. (2021). JURNAL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT EFFECTIVENESS OF ROLE PLAYING IN IMPROVING SOCIAL INTERACTION SKILLS IN GRADE VIII STUDENTS OF PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL 25 BANJARMASIN (Vol. 4, Issue 3).
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
Fauziyah, N., Susanto, H., & Muhammadiyah Boarding School Banjarbaru, S. (2022). Prabayaksa: Journal of History Education. Maret, 2(1), 23–32.
Februona Anding, M., Saud, S., & Rijal, S. (2021). Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek (Vol. 57).
Gaho, J., Telaumbanua, K., Laia, B., Bimbingan, G., Konseling, D., & Selatan, N. (2021). COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
Hoerudin, C. W. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI. In Jurnal Bakti Tahsinia (JBT) (Vol. 1, Issue 1).
Kusmaita, K. (2019). Korelasi antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 114–121. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.9921
Lestari SDN Banaran, F. (2021). Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021 SHEs: Conference Series 4 (6) (2021) 483-489 Communication Language Teaching (CLT) Approach and NHT Strategy in Improving Speaking Skills. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Lumbantobing Kesya N. (2020). JURNAL ILMIAH BINALITA SUDAMA.
Luqman Hakim, M., & Akhyar, M. (2019). EFEKTIFITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT AL HUDA WONOGIRI.
Moh, F. L., & Hery, Q. L. A. (2019). Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1390
Mufidah, N., Izha, I., Pendidikan, R., Arab, B., Malik, U. M., & Malang, I. (2020). PENGAJARAN KOSA KATA UNTUK MAHASISWA KELAS INTENSIF BAHASA ARAB (Vocabulary Teaching For Arabic Intensive Class). In Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS) (Vol. 1, Issue 1).
Nurhasanah, dan. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Mikro untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Mataram Tahun. In Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education (Vol. 1, Issue 2).
Nurlatifah, I., & Andini, R. (2022). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA ANAK USIA DINI MELALUI KONSELING TRANSACTIONAL ANALYSIS. 8(1).
Ratnasari, E. M., Zubaidah, E., & Yogyakarta, U. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.
Safitri, A., & Suharno, S. (2020). Budaya Siri’ Na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 102. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p102-111.2020
Sapani Tanjung, P., & Hartati, S. (2020). PENGARUH POLA KOMUNIKASI VERBAL ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI.
Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614–3624. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1425
Sudariana, N., & Yoedani, M. M. (2021). ANALISIS STATISTIK REGRESI LINIER BERGANDA.
Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 17. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358
Unidia Rachman, A. (2019). BERCAKAP-CAKAP SEBAGAI METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce
Wibowo, R. A., & Kurniawan, A. A. (2020). ANALISIS KORELASI DALAM PENENTUAN ARAH ANTAR FAKTOR PADA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA MAGELANG. Theta Omega: Journal of Electrical Engineering.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)



