Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Interaksi Sosial dengan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam

Irma Septiya Ningsih* -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Dhuta Sukmarani -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Aditia Eska Wardana -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Siti Nurrochmah -  SDIT Alam Nurul Islam, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8200

Kemampuan berbicara merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Hal yang mendukung seorang siswa memiliki kemampuan berbicara yang bagus yaitu penguasaan kosakata dan interaksi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara, mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan kemampuan berbicara dan mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara siswa kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam semester gasal tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis korelasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling . Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Terdapat hubungan antara penguasaan kosakata dengan kempuan berbicara siswa (2) Terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan kemampuan berbicara siswa (3) Terdapat hubungan antara penguasaan kosakata dan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara. Berdasarkan hal tersebut terjadi hubungan antara penguasaan pemahaman dan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara siswa kelas 2 SDIT Alam Nurul Islam.

Supplement Files

Keywords
Kosakata, Interaksi Sosial, Kemampuan Berbicara
  1. Adria, C., & Susanto, L. (2020). Ukuran Perusahaan, dan Perputaran Total…. In Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara (Vol. 2, Issue 1).
  2. Agistiawati, E. (2020). PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA BALARAJA.
  3. Amelia, O., Hakiu, N., Buhungo, R. A., Fitk, P., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2020). EDUCATOR : Directory of. Elementary Education Journal ISSN (Online, 1(1), 2746–4253. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
  4. Arsi, A. (2021). LANGKAH-LANGKAH UJI VALIDITAS REALIBILITAS INSTRUMEN DENGAN MENGGUNAKAN SPSS Dosen Pembimbing :Herianto 2 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, Indonesia Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, Indonesia.
  5. Azis, F., & Mukramin, un. (2021). Equlibrium : Jurnal Pendidikan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar). 1. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
  6. Beta, P. (2019). CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. https://e-journal.my.id/cjpe
  7. Brigjen Hasan Basri, J. H., Tangi Kec Banjarmasin Utara Kode Pos, K., Pos, K., Selatan Indonesia, K., Safitri, A., Rachman, A., Cheseda Makaria, E., & Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, U. (2021). JURNAL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT EFFECTIVENESS OF ROLE PLAYING IN IMPROVING SOCIAL INTERACTION SKILLS IN GRADE VIII STUDENTS OF PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL 25 BANJARMASIN (Vol. 4, Issue 3).
  8. Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
  9. Fauziyah, N., Susanto, H., & Muhammadiyah Boarding School Banjarbaru, S. (2022). Prabayaksa: Journal of History Education. Maret, 2(1), 23–32.
  10. Februona Anding, M., Saud, S., & Rijal, S. (2021). Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek (Vol. 57).
  11. Gaho, J., Telaumbanua, K., Laia, B., Bimbingan, G., Konseling, D., & Selatan, N. (2021). COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling.
  12. Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
  13. Hoerudin, C. W. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI. In Jurnal Bakti Tahsinia (JBT) (Vol. 1, Issue 1).
  14. Kusmaita, K. (2019). Korelasi antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 114–121. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.9921
  15. Lestari SDN Banaran, F. (2021). Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021 SHEs: Conference Series 4 (6) (2021) 483-489 Communication Language Teaching (CLT) Approach and NHT Strategy in Improving Speaking Skills. https://jurnal.uns.ac.id/shes
  16. Lumbantobing Kesya N. (2020). JURNAL ILMIAH BINALITA SUDAMA.
  17. Luqman Hakim, M., & Akhyar, M. (2019). EFEKTIFITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT AL HUDA WONOGIRI.
  18. Moh, F. L., & Hery, Q. L. A. (2019). Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1390
  19. Mufidah, N., Izha, I., Pendidikan, R., Arab, B., Malik, U. M., & Malang, I. (2020). PENGAJARAN KOSA KATA UNTUK MAHASISWA KELAS INTENSIF BAHASA ARAB (Vocabulary Teaching For Arabic Intensive Class). In Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS) (Vol. 1, Issue 1).
  20. Nurhasanah, dan. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Mikro untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Mataram Tahun. In Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education (Vol. 1, Issue 2).
  21. Nurlatifah, I., & Andini, R. (2022). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA ANAK USIA DINI MELALUI KONSELING TRANSACTIONAL ANALYSIS. 8(1).
  22. Ratnasari, E. M., Zubaidah, E., & Yogyakarta, U. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.
  23. Safitri, A., & Suharno, S. (2020). Budaya Siri’ Na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 102. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p102-111.2020
  24. Sapani Tanjung, P., & Hartati, S. (2020). PENGARUH POLA KOMUNIKASI VERBAL ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI.
  25. Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614–3624. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1425
  26. Sudariana, N., & Yoedani, M. M. (2021). ANALISIS STATISTIK REGRESI LINIER BERGANDA.
  27. Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 17. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358
  28. Unidia Rachman, A. (2019). BERCAKAP-CAKAP SEBAGAI METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce
  29. Wibowo, R. A., & Kurniawan, A. A. (2020). ANALISIS KORELASI DALAM PENENTUAN ARAH ANTAR FAKTOR PADA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA MAGELANG. Theta Omega: Journal of Electrical Engineering.

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (251KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2023-11-16
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: